Find Us On Social Media :

Dipaksa Lewati Jalan Rusak saat Jokowi ke Lampung, Ini Sederet Kecanggihan Mercy S600 Guard, Tahan Ledakan?

By Ade S, Jumat, 5 Mei 2023 | 15:11 WIB

Mobil yang digunakan Jokowi saat ke Lampung harus melewati jalan rusak. Padahal Mercedes-Benz S600 Guard memiliki harga dan fitur selangit.

Intisari-Online.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada Jumat, 5 Mei 2023.

Sesuai agenda, Jokowi ke Lampung untuk meninjau kondisi jalan yang rusak parah dan sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Tak ayal, Mercedes-Benz S600 Guard yang ditumpangi Jokowi pun harus merasakan betapa rusaknya jalanan yang ada di Provinsi Lampung.

Padahal, mobil ini memiliki harga yang sangat mahal, yaitu menembus Rp20 miliar karena dilengkapi berbagai fitur canggih, khususnya dalam hal keamanan.

Seperti apa spesifikasi lengkap dan fitur keamanan dari Mercedes-Benz S600 Guard? Simak ulasan berikut ini!

Spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard

Mercedes-Benz S600 Guard sendiri baru digunakan oleh Jokowi pada 2019 silam menggantikan Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard yang sebelumnya sempat digunakan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekertariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan," tulis rilis resmi Kementerian Sekertariat Negara RI, dikutip Jumat (23/8/2019), seperti dilansir dari kompas.com.

Perlu dicatat bahwa penggantian unit Mercedes-Benz S600 Guard sendiri dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan menggunakan sistem tender umum seperti umumnya dilakukan saat pengadaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri.

Lalu seberapa canggih mobil yang versi standarnya dijual dengan harga Rp20-an miliar tersebut?

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari Mercy S600 Guard yang menjadi mobil dinas Jokowi:

Baca Juga: Jokowi Akhirnya Lintasi Jalan Rusak Di Lampung Yang Viral, Mobil Kepresidenan Pun Melaju Pelan