Find Us On Social Media :

Kaitan Antara Diskriminasi dan Kebinekaan Budaya Bangsa Kita

By Khaerunisa, Jumat, 24 Februari 2023 | 18:45 WIB

Ilustrasi. Kebinekaan Indonesia.

Intisari-Online.com - Apa kaitan antara diskriminasi dan kebinekaan budaya bangsa kita?

Pertanyaan tersebut terdapat pada halaman 146 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/SMK Kelas XI.

Pada bagian 3 buku tersebut dipelajari mengenai Bhinneka Tunggal Ika, salah satunya juga dibahas mengenai stereotip, diskriminasi, dan bullying pada unit 5.

Sebelum membahas apa kaitan antara diskriminasi dan kebinekaan budaya bangsa kita, dapat kita ketahui dulu pengertian dan makna masing-masing istilah tersebut.

Apa Itu Diskriminasi?

Seperti dijelaskan pada unit 5 buku tersebut, diskriminasi merupakan perilaku negatif atau membahayakan terhadap anggota kelompok tertentu semata-mata karena keanggotaan mereka dalam kelompok tersebut.

Swim (dalam (Byrne, 1991) menyatakan bahwa diskriminasi adalah tindakan negatif terhadap orang yang menjadi obyek prasangka seperti rasial, etnik, agama, sehingga dapat dikatakan bahwa diskriminasi adalah prejudice in action.

Sikap diskriminasi muncul atau terjadi saat seseorang tidak memiliki sikap toleransi atau menghargai perbedaan.

Bentuk diskriminasi yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat adalah rasisme dan seksisme.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, rasisme atau rasialisme merupakan paham bahwa ras diri sendiri adalah ras yang paling unggul. Ras lain diluar rasnya sendiri dipandang sebagai ras yang rendah.

Sementara itu, seksisme merupakan tindakan diskriminasi yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan. Dalam hal ini, kecerdasan dan kekuatan fisik laki-laki dianggap lebih tinggi daripada perempuan.

Baca Juga: Cara Mengelola Keragaman Agar Mencapai Tujuan yang Dicita-citakan