Find Us On Social Media :

Banyak Terlibat Skandal Sebelum Jadi Ratu Inggris, Bagaimana Anne Boleyn Mengubah Istana Tudor?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 5 Desember 2022 | 10:35 WIB

Anne Boleyn, permaisuri paling kontroversial dalam sejarah Inggris.

Intisari-Online.comAnne Boleyn menjadi salah satu tokoh yang paling terkenal di awal periode modern, penuh dengan daya pikat, skandal, dan pertumpahan darah.

Seringkali direduksi hanya dengan istilah ‘Dipenggal’, Anne Boleyn sebenarnya adalah karakter yang menginspirasi, penuh warna, namun rumit, dan sangat pantas mendapatkan tempatnya sendiri dalam sejarah.

Lalu, bagaimana Anne Boleyn dapat menggemparkan istana Tudor?

Berikut ini beberap acara yang dilakukan Anne dalam menggemparkan istana Tudor, dengan penyesalah, modis, dan fatal.

Mengatur ‘pertandingannya’ sendiri dengan Henry Percy

Jauh sebelum dia menjadi Ratu Inggris, Anne terlibat dalam skandal mengenai bangsawan Tudor lainnya, yaitu Henry Percy, Earl of Northumberland ke-6.

Saat berusia awal dua puluhan, pasangan itu jatuh cinta, dan pada tahun 1523 diam-diam bertunangan.

Tanpa persetujuan ayah atau raja Percy, ketika berita itu tersiar, keluarga mereka masing-masing, bersama dengan Kardinal Wolsey, ketakutan dengan rencana pasangan kekasih itu untuk mengatur urusan mereka sendiri.

Seperti pada pernikahan bangsawan lainnya, Anne dan Henry Percy sudah dijodohkan dengan orang lain, yang kekayaan dan statusnya akan memajukan ambisi keluarga mereka dan menyelesaikan perselisihan politik.

Ayah Percy secara khusus menolak mengizinkan perjodohan tersebut, percaya bahwa Anne tidak layak untuk status tinggi putranya.

Ironisnya, minat Henry VIII pada Anne mungkin juga menjadi alasna mereka tidak menikah.