Find Us On Social Media :

Sebutkan Contoh Perilaku Positif yang Menunjukkan Taat Norma dan Kesepakatan?

By Mentari DP, Selasa, 29 November 2022 | 13:30 WIB

Sebutkan contoh perilaku positif yang menunjukkan taat norma dan kesepakatan!

Intisari-Online.com - Sebutkan contoh perilaku positif yang menunjukkan taat norma dan kesepakatan!

Soal terkait Sebutkan contoh perilaku positif yang menunjukkan taat norma dan kesepakatan! ada di halaman 92 dalam buku PPKn kelas XI di Kurikulum Merdeka.

Untuk jawabannya, Anda bisa membuka halaman 94 pada sub bab Contoh Kasus Pelanggaran Norma.

Dalam buku tersebut, dijelaskan bahwa norma merupakan kesepakatan dari berbagai pihak.

Karena itu, ia harus kita terima dan patuhi, meskipun kita bukanlah orang yang terlibat langsung dalam proses pengambilan kesepakatan tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana jika ada seorang warga masyarakat yang melakukan pelanggaran terhadap hasil kesepakatan tentang norma, baik yang bersumber dari agama, hukum, kesusilaan, maupun sosial?

Pelanggaran-pelanggaran tersebut, misalnya melakukan tindakan korupsi, menyalahgunakan narkoba, melakukan tawuran, melakukan seks bebas, atau perbuatan-perbuatan lainnya yang dilarang oleh norma.

Tentu, segala perbuatan melanggar norma yang telah disepakati akan ada konsekuensi atau akibatnya, baik akibat hukum maupun akibat-akibat lainnya, seperti sanksi sosial.

Contoh, ketika seorang warga masyarakat melanggar kesepakatan yang diatur oleh norma agama, dia akan mendapatkan konsekuensi atau akibat yang diatur oleh ajaran agama tersebut.

Baik dia akan menerimanya ketika masih hidup di dunia ataupun kelak setelah dia meninggal dunia.

Contoh lain, ketika warga masyarakat melanggar kesepakatan yang telah digariskan dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu norma kemasyarakatan.

Baca Juga: PPKn Kelas XI: Apa Konsekuensi Atas Pelanggaran Kesepakatan?