Find Us On Social Media :

Ini Dia, Empat Tips Memulai Olahraga Bagi Kita yang Berbadan Gemuk

By Ilham Pradipta M., Kamis, 11 Agustus 2016 | 13:30 WIB

Ini Dia, Empat Tips Memulai Olahraga Bagi Kita yang Berbadan Gemuk

Intisari-Online.com – Bagi orang gemuk, terkadang ada rasa malu ketika ingin mulai berolahraga. Selain itu, orang yang berat badannya berlebih umumnya merasa sering tidak nyaman, baik secara fisik ataupun mental ketika berolahraga. Nah, berikut ini adalah tips berolahraga bagi kita yang memiliki berat badan berlebih.

1. Anggaplah tak ada yang mengawasi kitaKetika pertama mulai berolahraga, kita yang memiliki berat badan berlebih acap kali malu dengan orang-orang di sekitar kita. Alhasil, membuat percaya diri menurun.

Tapi, begitu kita percaya kalau tak ada seorang pun yang melihat atau mengawasi kita, kita akan semakin lebih percaya diri. Dengan begitu, olahraga pun menjadi hal yang lebih menyenangkan.

2. Mulai dengan beban, bukan kardioAda sebuah mitos mengenai orang gemuk dan olahraga. Contohnya, orang gemuk seharusnya tidak memulai olahraganya dengan mengangkat beban, namun kardio. Hal ini tujuannya supaya kalori lebih banyak terbakar.

Padahal, hal itu sepenuhnya tidaklah benar. Kita mungkin akan kehilangan beberapa lemak dari latihan kardio. Namun, dalam jangka panjang metabolisme kita akan terganggu karena kehilangan massa otot. Nah, masa otot ini bisa dilatih dengan menu latihan seperti angkat beban.

Latihan beban juga membuat kita termotivasi ketika kita telah melihat keuntungannya. Yaitu, otot akan semakin kuat, nyeri sendi berkurang, hingga lebih mudah untuk bergerak.

3. Fokus pada manfaat kesehatan, bukan skalaKetika berniat berolahraga, cobalah agar kita memfokuskan diri pada manfaat kesehatannya. Bukannya fokus pada turunnya berat badan, lingkar pinggan mengecil, atau skala lainnya.

Kalau sudah fokus pada manfaatnya, kita akan lebih bugar dan sehat. Nantinya, berat badan dan skala lainnya pun akan turun dengan sendirinya.

4. Tidak memotong kalori terlalu drastisJika kita mengurangi asupan kalori dan menambahkan menu latihan secara bersamaan, tubuh pun akan ‘menjerit’. Sebaiknya, tetaplah isi tubuh dengan dengan makanan bergizi ketika ingin menambah menu latihan. Setelah itu, barulah  pertimbangkan perubahan diet yang lembut. Jadi, bukannya langsung memotong berbagai asupan makanan untuk tubuh kita.

(Rd.com/Charlotte Hilton