Penulis
Intisari-Online.com – Ikwa Ozu, yang berarti ‘merayakan kematian’, dikenal juga sebagai ‘penguburan kedua’.
Ritual pemakaman ini berlangsung di mana saja antara beberapa minggu dan satu tahun setelah penguburan pertama
Penguburan ini juga merupakan ritual inisiasi untuk orang mati ke dalam kelompok nenek moyang mereka, menurut tradisi suku Igbo di Nigeria.
Menurut Austin Schema, seorang imam dan cendekiawan Igbo, seperti dilansir dari Opera News, ‘tujuan hidup adalah menjadi leluhur setelah kematian.’
Sejumlah besar uang sering kali dihabiskan untuk ternak dan alkohol saat pemakaman suku Igbo ini.
Itu ditentukan oleh tingkat usia almarhum, termasuk posisi mereka dalam komunitas mereka.
Orang suku Igbo menghabiskan banyak uang untuk menghibur para tamu dan mengangkut mayat.
Desa leluhur pria suku Igbo adalah tempat peristirahatan terakhir yang sesuai, sedangkan desa suami wanita adalah tempat peristirahatan terakhir yang sesuai.
Artinya, transportasi tubuh jarak jauh cukup umum.
Tubuh almarhum sering digosok dengan pewarna camwood dan diletakkan di atas daun pisang raja.
Lalu, putri tertua orang yang meninggal, yang dikenal sebagai Ada, berpartisipasi dalam upacara Uno Ikwa.
Selama ritual itu, dia diharuskan makan makanan favorit almarhum sepanjang hari, dalam suasana hening.
Dia memastikan bahwa agar ayahnya memiliki akses pada nutrisi di akhirat nanti dengan makan makanan dalam diam.
Dalam kasus poligami, istri akan menangisi suaminya yang meninggal.
Sebagai tanda kesedihan, umum bagi mereka untuk mencukur habis rambut hati mereka.
Keluarganya biasanya menabung selama berbulan-bulan untuk ritual Ikwa Ozu atau pemakaman kedua yang biasanya lebih mahal.
Adat suku Igbo ini mencakup menari, makan, dan minum, serta penggunaan sapi dan kuda.
Dari sinilah, kelas sosial orang yang meninggal jadi terlihat.
Dalam beberapa kasus, pengadilan palsu diadakan untuk menentukan siapa yang membunuh almarhum, meski tidak ada yang harus disalahkan.
Mmanwu adalah topeng tradisional suku Igbo.
Hanya laki-laki yang ambil bagian di dalamnya, dan mereka menggunakan kostum warna-warni yang rumit yang dirancang untuk membangkitkan roh leluhur.
Mereka lalu mengambil bagian dalam festival komunitas dan acara-acara khusus.
Lama pemakaman kedua ditentukan oleh peran almarhum dalam masyarakat atau profesinya.
Misalnya, seorang Ogbuagu (pembunuh harimau) akan diberikan Nwaubani (pemakaman) selama tujuh hari.
Jika seorang anak yang meninggal, maka pemakamannya jauh lebih sederhana karena anak tersebut belum menjadi anggota masyarakat secara penuh.
Standar yang sama berlaku untuk hampir semua orang yang belum menikah.
Suku Igbo percaya bahwa hidup tidak berakhir dengan kematian karena kematian hanyalah transisi ke dunia baru.
Maka ritual yang dilakukan oleh suku Igbo adalah memastikan perjalanan yang aman ke dunia roh.
Orang mati tidak dapat sepenuhnya bergabung dengan leluhur mereka kecuali ritual peralihan Ikwa Ozu dilakukan.
Secara luas diyakini bahwa jika sebuah keluarga gagal menyelenggarakan Ikwa Ozu, maka mereka akan disiksa oleh makhluk halus.
Mereka juga dilarang memegang gelar atau posisi penting apa pun di komunitas mereka.
Jadilah ritual Ikwa Ozu menjadi bermanfaat baik bagi yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.
Temukan sisi inspiratif Indonesia dengan mengungkap kembali kejeniusan Nusantara melalui topik histori, biografi dan tradisi yang hadir setiap bulannya melalui majalah Intisari. Cara berlangganan via https://bit.ly/MajalahIntisari