Find Us On Social Media :

Terkenal Gudangnya Senjata Militer Canggih, Siapa Sangka Inilah Isi 'Jeroan' Senjata Militer Rusia Saat Dibongkar, Isinya Tak Secanggih Kelihatannya ?

By Afif Khoirul M, Rabu, 7 September 2022 | 19:25 WIB

Senjata yang ditakuti Amerika, sering digunakan Rusia di Ukraina.

Intisari-online.com - Sebuah laporan yang dirilis pada 3 September oleh kelompok yang menyelidiki senjata Rusia.

Mengatakan bahwa menurut analis, senjata yang diperoleh dari Rusia memiliki kualitas tertinggi di gudang senjata negara itu.

Tetapi mereka tidak mengandung elemen teknologi yang sangat modern, termasuk termasuk sistem navigasi satelit dasar tetapi sangat unik dalam jenis bom dan amunisi yang dikumpulkan oleh Rusia.

"Kami menemukan bahwa Rusia menggunakan komponen elektronik yang sama pada berbagai senjata, termasuk rudal jelajah dan helikopter serang terbaru," kata Damien Spleeters, pakar tim peneliti.

Senjata berpemandu Rusia memiliki banyak teknologi dan komponen yang tidak dibuat di Rusia.

Sebagian besar chip komputer yang kami rekam (dalam senjata yang diperoleh dari Rusia) diproduksi oleh negara-negara Barat setelah 2014."

Tim peneliti menganalisis perangkat keras internal dari tiga jenis rudal jelajah Rusia, termasuk rudal paling kuat Kh-101 dan peluru kendali terbaru Tornado-S.

Semua roket memiliki komponen elektronik identik bertanda SN-99 yang, setelah pengujian menyeluruh, tim mengatakan adalah penerima navigasi satelit penting untuk pengoperasian roket.

Setelah melihat foto-foto elektronik militer Rusia yang diambil oleh para peneliti, Arsenio Menendez, kontraktor Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA) juga hobi mereplikasi peralatan militer divisi senjata.

Menyatakan bahwa teknologi dalam senjata Rusia sama tuanya, akhir 1990-an atau pertengahan dekade pertama sejak tahun 2000.

Menurut Menendez, ini pada dasarnya seperti konsol video game Xbox 360 dan terlihat cukup sederhana bagi siapa saja yang ingin membongkar dan mengkloningnya.

Tim menemukan bahwa Rusia sangat bergantung pada sejumlah semikonduktor dari pabrikan Barat.