Penulis
Intisari-online.com - Menurut The Economist, delapan negara dengan wilayah di Arktik, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, Swedia, dan Rusia, telah membentuk Dewan Arktik (komunitas ilmiah dan kebijakan).
Selain Dewan tersebut, ada 13 negara pengamat, termasuk China.
Dengan banyak sumber daya yang belum dimanfaatkan dan dianggap sebagai "jalan sutra" baru, perlombaan untuk menguasai Arktik menjadi lebih panas dari sebelumnya.
Faktanya, sebagian besar Arktik terdiri dari es dan air, dan dengan pemanasan global, area es menyusut.
Ketika es mencair, koridor pelayaran alami antara Siberia dan Alaska, yang menghubungkan Selat Bering dengan Laut Barents, muncul, menarik perhatian besar negara-negara di Lingkaran Arktik.
Terlepas dari kenyataan bahwa jalur laut ini dibekukan hingga 9 bulan dalam setahun, lebih dari 1.000 kapal kargo melewati ini pada tahun 2020, meningkat 25% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Beberapa negara menyebut rute ini sebagai "jalan sutra kutub".
Saat ini, Rusia adalah negara yang mengendalikan koridor ini, dan menerima sejumlah besar uang dari biaya perjalanan.
Namun, keuntungan ekonomi datang dengan risiko keamanan, sebagai koridor es, yang merupakan pertahanan alami untuk laut utara Rusia, mencairnya es membuat Moskow harus memobilisasi lebih banyak tenaga untuk menjaga keamanan pantai.
Selain permukaan Kutub Utara, dasar laut juga menjadi wilayah perebutan negara-negara di kawasan itu, karena pencairan es membuat ladang minyak, gas, dan mineral lebih mudah diakses.
Namun, untuk dapat mengklaim perairan di luar laut teritorialnya (lebih dari 22 km dari garis pantainya), negara harus membuktikan bahwa wilayah dasar laut merupakan perpanjangan dari landas kontinennya.
Masalah geografi menyebabkan banyak kontroversi di antara negara-negara, dengan Kanada, Denmark, dan Rusia semuanya mengklaim kendali atas Punggungan Lomonosov, pegunungan yang terletak di bawah perairan Kutub Utara.
Untuk menunjukkan penguasaannya, Rusia bahkan memasang bendera titanium di dasar laut Arktik pada tahun 2007.
Tak mau kalah, pada tahun 2013, Kanada mengeluarkan paspor Santa dengan alamat Kutub Utara.
Meski terdengar "lucu", ini merupakan langkah untuk menegaskan kedaulatan dalam persaingan dengan Rusia, AS, atau Denmark.
Saat ini, Rusia memiliki keuntungan terbesar di Kutub Utara, tetapi karena wilayah es terus menyusut, persaingan untuk mendapatkan pengaruh akan lebih panas dari sebelumnya, seperti yang dikatakan seorang pemimpin NATO."
Pertanyaan yang menarik perhatian para pengamat adalah apakah itu akan mengarah pada "Perang Dingin" baru di Kutub Utara.
Inti masalahnya adalah kedekatan geografis dari dua negara adidaya nuklir AS dan Rusia, yang terhubung melalui Kutub Utara.
Ketegangan juga meningkat dengan sistem senjata yang ada, karena Arktik adalah lokasi terbaik bagi kedua kekuatan untuk melancarkan serangan satu sama lain.
Karena kepentingan strategisnya, Arktik telah menjadi topik utama perdebatan dan diskusi di antara para ahli hubungan internasional.
Pada tahun 2021, Presiden Rusia Vladimir Putin menugaskan bahwa pada tahun 2024, volume barang yang diangkut melalui jalur laut utara negara itu harus mencapai 80 juta ton.
Selama Perang Dingin, Kutub Utara pernah menjadi garis depan dalam konfrontasi militer, dengan Uni Soviet di satu sisi, NATO di sisi lain, dipimpin oleh Amerika Serikat.
Pada 1990-an, Rusia tidak memiliki potensi untuk mencapai Kutub Utara. Situasi setelah Perang Dingin banyak berubah.
Rusia juga ingin mengerahkan pasukan tambahan untuk melindungi kekuatan strategisnya.