Find Us On Social Media :

Jika di Indonesia Harga BBM Naik Demi Atur Subsidi Tepat Sasaran, India Malah Temukan Cara 'Murah' Dapatkan Minyak Mentah, Meski Bisa Memancing Kemarahan Negara Barat

By Afif Khoirul M, Minggu, 4 September 2022 | 17:36 WIB

Ilustrasi kilang minyak

Intisari-online.com - Saat ini Indonesia secara resmi telah menaikkan harga BBM, dengan Pertalite Rp10.000, Solar menjadi Rp6.800 dan Pertamax menjadi Rp14.500.

Namun, kenaikan harga BBM ini ternyata bertepatan dengan turunnya harga minyak dunia.

Harga minyak mentah dunia mengalami penurunan beberapa waktu lalu.

Harga minyak Brent yang menjadi patokan global memang sempat berada di atas 100 dollar AS per barel.

Namun, kini sudah turun di kisaran 90 dollar AS per barel.

Sementara itu, lonjakan harga minyak juga dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah perang di Ukraina yang membuat Rusia di jatuhi sanksi oleh Barat.

Padahal diketahui Rusia menjadi salah satu pemasok minyak mentah terbesar di dunia.

Disangksinya Rusia oleh Barat menyebabkan ketimpangan pasokan minyak dunia, dengan imbas harga naik akibat jumlahnya berkurang.

Ini membuat sejumlah negara mengalami kekurangan minyak, dengan lonjakan harga yang tinggi, salah satu imbasnya adalah Sri Lanka yang mengalami kebangkrutan.

Di Indonesia sendiri, tidak dijelaskan apakah situasi dunia saat ini menyebabkan harga BBM ikut naik.

Sementara jika menengok negara lain, seperti India yang mengalami masalah dengan pasokan minyak justru menemukan solusinya.

India meningkatkan pembelian minyak Rusia pada Agustus, Bloomberg melaporkan pada hari Kamis (1/9), mengutip data pengiriman.