Find Us On Social Media :

Bendera Merah Putih Mulai Dikibarkan Sambut HUT RI ke-77, Inilah 3 Tokoh Pengibar Bendera Merah Putih Pertama

By Khaerunisa, Senin, 1 Agustus 2022 | 20:40 WIB

Upacara penaikan bendera sang merah putih di halaman gedung pegangsaan timur 56 (Gedung Proklamasi). Tampak antara lain Bung Karno, Bung Hatta, Let,Kol. Latief Hendraningrat (menaikkan bendera) Ny. Fatmawati Sukarno dan Ny.S.K Trimurti.

Intisari-Online.com - Memasuki bulan Agustus, biasanya masyarakat Indonesia akan mulai memasang bendera merah putih, juga berbagai hiasan di lingkungan tempat tinggal.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) pun telah mengeluarkan imbauan bagi masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih di wilayah masing-masing.

Imbauan tentang pengibaran bendera merah putih ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mensesneg Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

Melalui SE tersebut, Mensesneg mengikbau masyarakat untuk mulai memasang bendera merah putih sejak tanggal 1-31 Agustus 2022.

Mulai hari ini, 1 Agustus 2022, dan sebulan kedepan, lingkungan tempat tinggal masyarakat Indonesia akan ramai oleh bendera merah putih dan berbagai hiasan menyambut HUT RI ke-77.

Namun, tahukah Anda siapa sosok yang mengibarkan bendera merah putih untuk pertama kali?

Mengetahui sejarah bendera merah putih tak akan lengkap jika tak mengetahui siapa saja sosok di balik pengibaran bendera mereh putih untuk pertama kali pada 17 Agustus 1945.

Inilah tokoh-tokoh pengibar bendera merah putih untuk pertama kali.

Baca Juga: Apa Makna Peristiwa Rengasdengklok Bagi Proklamasi Kemerdekaan? Simak Ulasannya Berikut Ini

Baca Juga: Kisah 'Mesias' Memimpin Pemberontakan Orang-orang Yahudi yang Mengobarkan Perang selama 5 Tahun Lantaran Kelakuan Pagan Romawi

Suhud Sastro Kusumo

Salah satu tokoh pengibar bendera merah putih untuk pertama kalinya adalah Suhud Sastro Kusumo atau S Suhud.