Find Us On Social Media :

‘Sekarang Aku Menjadi Kematian, Perusak Dunia’ Kutipannya Saat Dengar Bom Atom Pertama Diledakkan, Inilah Ilmuwan Amerika Brilian J. Robert Oppenheimer, ‘Bapak Bom Atom’ yang Menentang Bom Hidrogen

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 23 Juli 2022 | 13:10 WIB

Film 'Oppenheimer' yang akan tayang pada 21 Juli 2023, dan J. Robert Oppenheimer 'bapak bom atom'.

Intisari-Online.com – Ramai dibicarakan film Oppenheimer yang akan mulai tayang di bioskop pada tanggal 21 Juli 2023.

Fiml Oppenheimer ini menceritakan kisah ilmuwan Amerika bernama J. Robert Oppenheimer.

Film yang akan tayang pada tahun depan ini disutradari oleh Christopher Nolan, dengan pemain utama Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer, dengan produksi di bawah naungan Universal Pictures.

Film Oppenheimer ini menceritakan kisah seorang tokoh fisika bernama Oppenheimer atau yang terkenal dengan bom atom buatannya.

Film Oppenheimer ini merupakan adaptasi dari buku American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer.

Siapakan Oppenheimer sebenarnya?

J. Robert Oppenheimer (22 April 1904 – 18 Februari 1967) adalah seorang fisikawan teoretis Amerika yang menjadi profesor fisika di University of California, Berkeley.

Dia merupakan kepala Laboratorium Los Alamos pada masa perang dan termasuk di antara mereka yang dianggap sebagai ‘bapak bom atom’ atas peran mereka dalam Proyek Manhattan.

Proyek Manhattan ini merupakan proyek Perang Dunia II yang mengembangkan senjata nuklir pertama.

Oppenheimer termasuk di antara mereka yang mengamati tes Trinity di New Mexico, ketika bom atom pertama berhasil diledakkan pada 16 Juli 1945.

Dia kemudian mengatakan bahwa ledakan itu mengingatkan kata-kata dari Bhagavad Gita, “Sekarang aku menjadi Kematian, perusak dunia.”

Dan pada bulan Agustus 1945, senjata tersebut digunakan dalam pemboman atom di Hiroshima dan Nagasaki.