Find Us On Social Media :

Nyaris Kuliti Habis-habisan Proyek Pencabut Ratusan Ribu Nyawa AS, Inilah Daftar Mata-mata Uni Soviet, Salah Satunya Malah Ketagihan!

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 7 April 2022 | 12:00 WIB

Klaus Fuchs, ilmuwan yang menjadi mata-mata bom nuklir Soviet.

Intisari-Online.com – Untuk melawan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II, Uni Soviet bergabung dengan Amerika Serikat dan Inggris.

Saat itu Uni Soviet melancarkan upaya besar-besaran untuk mengumpulkan intelijen tentang program rahasia bom atom Anglo-Amerika yang akan menjadi Proyek Manhattan, yang menjadi proyek pencabut ratusan ribu nyawa.

Untuk itu Soviet pun merekrut mata-mata Amerika dan Inggris yang berhaluan komunis, termasuk beberapa ilmuwan di laboratorium Los Alamos.

Dan inilah daftar mata-mata yang berhasil direkrut oleh Uni Soviet.

1. Melita Norwood

Melita Norwood adalah mata-mata Uni Soviet terlama di Inggris, yang bekerja sebagai sekretaris direktur proyek Tube Alloys saat itu.

Dia tampak normal-normal saja menjalani kehidupan, seperti tinggal di pinggiran kota London, namun kegiatannya sambil memberikan informasi kepada agen Soviet selama Perang Dunia II hingga tahun 1970-an.

Namun, tidak dijelaskan berapa banyak spionase untuk program atom Soviet yang dilakukan oleh Norwood, tetapi secara resmi dia dihormati atas pekerjaannya saat mengunjungi Moskow pada tahun 1979.

Kegiatan Norwood sebagai mata-mata akhirnya terungkap pada tahun 1990-an.

“Dengan gembira dia mengakui apa yang telah dilakukannya, dan mengatakan bahwa dia akan melakukannya lagi,” tutur Harvey Klehr, profesor emeritus politik dan sejarah di Universitas Emory kepada History.

2. John Cairncross