Find Us On Social Media :

Digunakan Selama Perang Dingin dan Ditemukan Arkeolog 33 Tahun Kemudian Terkubur di Hutan Jerman, Radio Mata-mata Soviet Ini Masih Tetap ‘Segar’ Bak Keluaran Baru dari Pabrik

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 31 Juli 2021 | 12:45 WIB

Radio mata-mata Soviet yang ditemukan di hutan Jerman masih dalam keadaan baru.

Intisari-Online.com – Digunakan selama Perang Dingin dan ditemukan 33 tahun kemudian terkubur di hutan Jerman, radio mata-mata Soviet ini tetap bagus.

Para arkeolog sedang berburu sisa-sisa pemukiman Romawi di daerah yang dibuka untuk tambang lignit di Hutan Hambach, sekitar 32,19 km sebelah barat  Cologne.

Namun, apa yang mereka temukan jauh lebih baru.

Yang mereka temukan berasal dari Perang Dingin, yaitu pemancar dan penerima era Soviet R-394, terlihat masih ‘segar dari pabrik’ dan terkubur di lubang dangkal di dalam kotak logam.

Baca Juga: John F. Kennedy, Orang di Belakang Baret Hijau Pasukan Khusus Angkatan Darat AS, Inilah 10 Fakta Menarik tentang Angkatan Darat AS yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Erich Classen, kepala arkeolog dari Asosiasi Regional Rhineland mengatakan, “Kami pikir radio akan berfungsi jika baterai baru tersedia.”

Peralatan itu diperkirakan telah terkubur beberapa saat setelah 1987, ketika radio mata-mata R-394 'cepat' pertama kali diproduksi di Uni Soviet.

Sekitar tiga puluh tahun peralatan tersebut terkubur namun masih menunjukkan kondisi yang sempurna, itu menunjukkan bahwa tidak pernah digunakan.

Dengan jangkauan 1.200 kilometer itu akan mampu berkomunikasi langsung dengan agen sejauh Warsawa di Polandia.

Baca Juga: Bodi Dipereteli Dicat Hitam yang Serap Infra Merah, Inilah 'Mobil Hantu' Pasukan Khusus, Pernah Operasi di Bosnia Berikan Bantuan Kemanusiaan pada Warga Terdampak Perang