Find Us On Social Media :

Ketakutan Setengah Mati dengan Rusia dan China, Amerika Serikat Mendadak Tenggelamkan Kapal Induk Miliknya Meski Menyimpn Sejarah Besar, Terkuak Ini Alasannya!

By Afif Khoirul M, Jumat, 15 Juli 2022 | 06:55 WIB

Ilustrasi - Kapal Induk Amerika

Intisari-online.com  - Alasan Angkatan Laut AS berjuang untuk menenggelamkan kapal induk USS Amerika alih-alih menggunakannya sebagai museum terapung telah diklarifikasi.

Angkatan Laut AS harus mencoba menenggelamkan kapal induk USS Amerika karena Rusia dan China, jurnalis Brent M. Eastwood, kolumnis untuk edisi 19FortyFive mengungkapkannya.

USS America (CV-66) adalah kapal induk non-nuklir kelas Kitty Hawk.

Kapal berbobot 83.573 ton ini pernah menjadi andalan Angkatan Laut AS saat Perang Vietnam.

Kemudian, kapal induk USS Amerika bergabung dengan patroli di Teluk Persia dan bertempur dalam Operasi Badai Gurun.

Banyak yang percaya bahwa kapal induk yang menyandang nama bangsa dan memiliki rekam jejak yang begitu berpengalaman tidak pantas mengalami akhir yang menyedihkan.

Wartawan Brent M. Eastwood menambahkan, kapal itu mulai beroperasi dari tahun 1964-1965, terutama untuk misi tempur di Laut Mediterania.

Tetapi pada tahun 1996, ia dipaksa keluar dari layanan setelah lebih dari tiga dekade layanan, padahal seharusnya 50 tahun.

Baca Juga: Namanya Punya Arti Khusus, China Luncurkan Kapal Induk Baru yang Digadang-gadang Jadi Terbesar di Angkatan Laut Dunia, Indo-Pasifik Langsung Memanas!

Beberapa ahli percaya bahwa USS Amerika adalah korban pemotongan anggaran.

Kapal induk yang dinamai menurut nama negara itu diubah menjadi museum, tetapi nasib yang berbeda disiapkan untuk itu, ketika para pejabat memutuskan untuk menenggelamkan kapal itu ke dasar laut.

"Tampaknya sangat aneh bahwa Angkatan Laut AS mencoba menenggelamkan kapal induk ikoniknya sendiri, tetapi ada penjelasan untuk ini," kata pakar Brent M. Eastwood.