Find Us On Social Media :

Namanya Punya Arti Khusus, China Luncurkan Kapal Induk Baru yang Digadang-gadang Jadi Terbesar di Angkatan Laut Dunia, Indo-Pasifik Langsung Memanas!

By Mentari DP, Kamis, 30 Juni 2022 | 09:30 WIB

Fujian, kapal induk baru milik militer China.

Intisari-Online.com - Setelah Amerika Serikat (AS) dan Rusia, China merupakan negara ketiga sebagai negara militer terkuat di dunia.

Hal itu dibuktikan China dengan meluncurkan kapal induk baru yang digadang-gadang menjadi 'angkatan laut terbesar di dunia'.

Apakah China mengirimkan peringatan mengerikan soal keamanan di Indo-Pasifik?

Dilansir dari express.co.uk pada Rabu (29/6/2022), berita ini muncul ketika ketegangan di Laut China Selatan dan Indo-Pasifik tetap dalam siaga tinggi menyusul pengumuman kesepakatan AUKUS.

Di mana kesepakatan AUKUS diduga dibuat untuk menghalangi kehadiran China di kawasan itu.

Selain itu, China semakin waspada tentang masa depan Taiwan usai pertemuan tingkat tinggi oleh para menteri pertahanan di Singapura, termasuk pejabat dari China dan AS.

Jadi, China dilaporkan meluncurkan kapal induk baru yang bernama Fujian itu.

Kapal Fujian dikeluarkan dari Galangan Kapal Jiangnan dan terlihat kapal itu menjadi tipe paling canggih di armada Angkatan Laut China.

Dalam sebuah video yang menunjukkan kapal besar, keriuhan dan tontonan mengiringi acara tersebut dengan segala kemegahan.

Kapal tersebut adalah kapal induk pertama yang diproduksi di dalam negeri tapi memiliki fitur sistem peluncuran ketapel yang mirip pada banyak model AS yang serupa.

Sistem peluncuran bantuan ketapel elektromagnetiknya merupakan peningkatan besar dari sistem gaya lompat ski yang kurang canggih yang digunakan di Liaoning dan Shandong, dua pendahulunya, menurut Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS).

diketahui China menjadi operator kapal induk terbesar keempat di dunia setelah AS, Prancis, dan Jepang.