Find Us On Social Media :

Tak Selamanya Akan Menjadi Pemimpin PDI-P, Rupanya Inilah Sosok yang Diprediksi Akan Gantikan Megawati sebagai Pemimpin PDI-P, Disebut-sebut dari Trah Soekarno

By Tatik Ariyani, Kamis, 7 Juli 2022 | 07:15 WIB

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

Intisari-Online.com - Baru-baru ini, PDI Perjuangan disebut tengah menyiapkan kader untuk menjadi ketua umum partai, menggantikan Megawati Soekarnoputri kelak.

Bahkan diprediksi bahwa pergantian di tubuh PDI-P ini kelak tak akan jauh dari keturunan Soekarno.

Hal ini diprediksi oleh Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya.

Yunarto memprediksi, regenerasi di tubuh PDI Perjuangan kelak tak akan jauh dari trah Soekarno.

Menurut Yunarto, Megawati bakal melimpahkan kursi kepemimpinan parpol ke putra atau putrinya setelah nantinya tak menjabat.

Kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022), Yunarto mengatakan, "Kalau saya melihat tetap trah Bung Karno atau darah biru ini memiliki peluang yang jauh lebih besar ketika berbicara mengenai posisi ketua umum atau faktor pengikat di internal."

Menurutnya, ideologi politik PDI-P sejak dulu selalu berkiblat pada sosok Proklamator Soekarno.

Jadi, kecil kemungkinan kursi tertinggi partai kelak dilimpahkan pada figur di luar garis keturunan presiden pertama RI itu.

Yunarto menambahkan bahwa PDI-P hanya akan membuka peluang bagi sosok di luar trah Soekarno dalam urusan pencalonan presiden.

Penunjukan Joko Widodo sebagai presiden yang diusung PDI-P merupakan salah satu bukti nyatanya.

Yunarto mengatakan, "Saya pikir kalau untuk (kursi ketua umum) PDI Perjuangan akan mengarah pada 'darah biru'. Peluang bagi sosok di luar darah biru lebih terbuka untuk posisi capres dan itu pernah ditunjukkan Bu Mega ketika memajukan Jokowi sebagai presiden."

Ditunjuknya Puan Maharani untuk mengemban sejumlah tugas kepartaian beberapa waktu belakangan, menurut Yunarto, merupakan upaya Megawati dalam mempersiapkan putrinya menggantikan Megawati kelak.