Find Us On Social Media :

Sering Kena Resuffle Kabinet pada Masa Jokowi, Terungkap Ini Sederet Menteri Perdagangan Era Jokowi dan Sederet Kontroversinya

By Khaerunisa, Minggu, 19 Juni 2022 | 07:45 WIB

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022) siang, menjelang pelantikan menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju hasil reshuffle.

Intisari-Online.com - Reshuffle kabinet dilakukan oleh Presiden Jokowi pada Rabu (15/6/2022), setelah menjadi isu hampir setahun terakhir.

Salah satu dari dua menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju adalah Zulkifli Hasan yang dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Terpilihnya Zulkifli Hasan atau Zulhas karena menurut Jokowi, ia memiliki skill manajerial yang dinilai mumpuni.

Sehingga menurutnya, Zulhas dapat mengatur secara detail mengenai bidang perdagangan, terlebih urusan mikro.

Menariknya dari posisi Menteri Perdagangan yang kini ditempati Zulhas, merupakan anggota kabinet yang paling sering bergonta-ganti wajah.

Di antara sejumlah menteri, bisa dikatakan Menteri Perdagangan paling banyak terkena reshuffle di era Jokowi.

Terhitung sejak resmi menjabat Presiden Indonesia, posisi Menteri Perdagangan sudah mengalami pergantian sebanyak 6 kali, baik karena reshuffle kabinet maupun karena habis masa jabatannya.

Selain itu, sederet Menteri Perdagangan era Jokowi juga dikenal dengan sederet kontroversinya.

Baca Juga: Siap-siap Jokowi Rombak Kabinetnya Lagi Lewat Reshuffle Kabinet 2022, Siapa Saja yang Dipanggil Jokowi ke Istana? Ini Dia Daftar Menteri yang Terseret Arus Reshuffle

Baca Juga: Titik Pijat Batuk, Cukup Tekan Tiga Titik Ini untuk Menghentikan Batuk

Berikut ini daftar 6 Menteri Perdagangan yang menjabat selama periode rezim pemerintahan Presiden Jokowi dari Oktober 2014 hingga Juni 2022:

1. Rachmat Gobel (2014-2015)