Find Us On Social Media :

Dari 'Sogokan' hingga Jadi Selir Kesayangan, Inilah Feng Xiaolian, Salah Satu Permaisuri Paling Legendaris dalam Sejarah Tiongkok, Disebut Pemicu Kehancuran Dinasti

By Khaerunisa, Jumat, 17 Juni 2022 | 17:55 WIB

Ilustrasi. Permaisuri Feng Xiaolian, selir kesayangan Gao Wei dari Qi Utara.

Intisari-Online.com - Dinasti Qi Utara runtuh pada tahun setelah berbagai konflik internal dan eksternal terjadi bertahun-tahun.

Tetapi puncaknya yaitu ketika serangan besar dilancarkan oleh Zhou Utara di bawah pimpinan Kaisar Wu pada musim gugur tahun 575.

Dinasti Qi Utara merupakan salah satu dari dinasti-dinasti utara dari sejarah Tiongkok dan memerintah utara Tiongkok dari 550 sampai 577.

Kaisar Wu dari Zhou Utara sendiri sudah lama ingin menghancurkan Qi Utara.

Kemudian pada musim dingin tahun 576, Kaisar Wu dari Zhou Utara kembali melancarkan serangan besar lainnya ke Qi Utara.

Dengan serangan itu, Zhou Utara berhasil mengepung Pingyang dan kemudian merebutnya.

Kaisar Gao Wei dari Qi Utara sempat berusaha menyelamatkan dinastinya dengan menyerahkan takhta kepada putranya, Gao Heng, tetapi upaya ini tak berhasil.

Gao Wei juga dengan cepat melarikan diri saat menerima berita bahwa pasukan Zhou Utara akan segera tiba di Yecheng, tetapi gagal. dan ia ditangkap oleh Jenderal Zhou Utara Yuchi Qin, kemudian dikirim kembali ke Yecheng, kepada Kaisar Wu.

Baca Juga: Dinastinya Runtuh, Janda Permaisuri dari Qi Utara Ini Malah Buka Tempat Prostitusi, Konon Begini Komentarnya Bandingkan Kehidupannya sebagai Permaisuri dan Pelacur

Baca Juga: Catat, Inilah 2 Penyebab Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya

Awalnya, Kaisar Gao Wei diperlakukan secara hormat oleh Kaisar Wu, dia diangkat sebagai Adipati Wen.

Tetapi pada musim dingin tahun 577, Kaisar Wu, yang mengkhawatirkan klan Gao. Kemudian menuduh Gao Wei merencanakan pemberontakan dengan Mu Tipo.