Find Us On Social Media :

Bangkitkan Hantu-Hantu Sejarawan Soviet dan Segala Keberingasan Mereka, Putin Bak Kumpulkan Semua 'Kehebatan Rusia' Melawan Nazi dalam Operasi Militer Khusus di Ukraina

By May N, Jumat, 17 Juni 2022 | 14:24 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin.

Intisari - Online.com - Presiden Rusia Vladimir Putin telah memanggil hantu-hantu sejarah Rusia dan menyeret serta pencapaian mereka.

Mulai dari bagaimana Kaisar Pyotr yang Agung berhasil menduduki wilayah kekuasaannya, sampai perjuangan sampai mati Joseph Stalin melawan Nazisme.

Ini semua tertuang dalam "Operasi Militer Khusus" di Ukraina.

Panggilan-panggilan ini memiliki resonansi emosional bagi orang Rusia – dua kali lipat, karena disuarakan oleh seorang presiden yang memerintah sangat populer di seluruh negara terbesar di dunia.

Putin merekonstruksi kebanggaan nasional Rusia setelah penghinaan dan ledakan tahun-tahun Boris Yeltsin; melakukan berbagai petualangan militer yang sukses di sekitar pinggiran Rusia dan sekitarnya; dan mengembalikan Moskow ke posisi teratas dalam urusan global.

Sekarang, perang Ukraina membayangi pencapaian selama dua dekade.

Ini telah memisahkan Rusia dari Barat dan dampak ekonomi, belum lagi banyak kebenaran yang tidak menyenangkan dari perang, kemungkinan besar belum meresap ke dalam kesadaran publik.

Dan hasil jangka panjang yang sukses masih jauh dari pasti.

Lantas, seberapa masuk akal pembenaran Putin?

Intisari melansir wawancara Asia Times dengan Mark Edele, seorang profesor di Universitas Melbourne dan sejarawan Uni Soviet dan negara-negara pecahannya, spesialisasi dalam sejarah militer.

Edele menyatakan beberapa hal terkait Putin dan perang Rusia-Ukraina.

Vladimir Putin