Find Us On Social Media :

Pantas Menteri Agraria Baru Hadi Tjahjanto Segera Garap Pembebasan Lahan IKN, Gurita Nikel Raksasa China Ini Sudah Tak Sabar Tambang Harta Karun Masa Depan Itu dari Kalimantan

By May N, Kamis, 16 Juni 2022 | 14:01 WIB

Indonesia Morowali Industrial Park.

Intisari - Online.com - Hadi Tjahjanto yang baru saja resmi menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan sertifikasi tanah dan penyediaan lahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Mantan Panglima TNI itu berkomitmen untuk menyelesaikan realisasi sertifikasi tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Tugas saya yang pertama adalah menyelesaikan sertifikat milik rakyat yang sampai saat ini sudah terealisasi sebanyak 81 juta (bidang). Target yang ingin kita capai 126 juta sertifikat," kata Menteri Hadi Tjahjanto dikutip dari Antara, Kamis (16/6/2022).

Hadi Tjahjanto berkomitmen untuk merealisasikan target sertifikasi hingga 126 juta bidang tanah pada 2024, bersama dengan pendampingnya Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni, yang juga baru saja dilantik pada Rabu.

Ia mengaku akan berkoordinasi dengan instansi terkait di wilayah untuk melihat status tanah agar tidak terjadi sengketa.

"Sengketa tanah itu kemungkinan juga overlapping antara milik institusi atau satuan lain dengan milik rakyat. Itu akan segera kita selesaikan," kata Hadi Tjahjanto dilansir dari Kompas.com.

Selain masalah reforma agraria, ia juga diembani tugas baru oleh Presiden Jokowi, yakni terkait penyelesaian lahan untuk IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Yang ketiga adalah terkait dengan tanah di IKN yang sudah disampaikan tadi, itu agak segera kita selesaikan," tambah Hadi Tjahjanto.

Gurita nikel China yang tak sabar tambang Kalimantan

Kalimantan akan segera menjadi pusat perhatian dunia dengan kekayaan nikel yang sudah diincar oleh gurita nikel China, Tsingshan.

Melansir dari eco-business.com, serangan Rusia ke Ukraina telah membuat harga nikel di pasaran meroket hanya dalam beberapa hari saja sejak Maret, menyebabkan harga meningkat 250% di London Metal Exchange (LME).

Namun, harga nikel yang meningkat ini jadi surga bagi gurita nikel China, Tsingshan, produsen stainless steel dan nikel terbesar di dunia.