Find Us On Social Media :

Sampai Angkat Tangan di Hadapan Kekuatan Militer Rusia, Begini Nasib Militer Ukraina yang Pilih Menyerahkan diri Pada Rusia, Rusia Ungkap Konsekuensi Ini

By Afif Khoirul M, Minggu, 22 Mei 2022 | 11:15 WIB

Anggota terakhir Batalion Azov yang menyerah kepada pasukan Rusia di Mariupol

Intisari-online.com - Beberapa waktu lalu sempat beredar rekaman militer Ukraina di Azovstal menyerah pada Rusia.

Mereka dengan sukarela keluar angkat tangan, sambil mengibarkan bendera putih, lantas bagaimana nasib mereka selanjutnya?

Pihak Ukraina telah mengatakan akan menukar tahanan dengan Rusia dengan imbalan tentara baru yang meninggalkan pabrik baja Azovstal di kota Mariupol, tetapi pejabat Rusia mengatakan sebaliknya.

Nasib ratusan tentara Ukraina yang menyerah di pabrik baja Azovstal saat ini tidak diketahui.

Ratusan tentara Ukraina dikirim ke daerah-daerah yang dikuasai Rusia.

Wakil menteri pertahanan Ukraina mengatakan akan menukar tahanan dengan Rusia dengan imbalan tentara ini.

Namun, beberapa pejabat Rusia mengatakan pada (17/5) bahwa tentara Ukraina dapat diadili atau bahkan dijatuhi hukuman berat.

Penyelidik Rusia mengumumkan rencana untuk menginterogasi tentara Ukraina, menuduh mereka melakukan "kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah Ukraina terhadap warga sipil di tenggara Ukraina."

Baca Juga: Alot Saat Berunding, Tiba-Tiba Ukraina Bocorkan Syarat Untuk Berdamai dengan Rusia, Mau Menyerah Bahkan Berhenti Berperang Jika Hal Ini Dijamin?

Pada malam (17/5), tujuh bus yang membawa tentara Ukraina meninggalkan pabrik baja Azvostal menuju kompleks penjara di kota Olenivka yang dikuasai Rusia di Donetsk, menurut Reuters.

Rusia mengatakan tentara Ukraina di pabrik baja Azvostal telah menyerah, sementara Ukraina menggambarkan "para prajurit menyelesaikan misi mereka" dan prioritas sekarang adalah menyelamatkan nyawa mereka.

"Ukraina membutuhkan pahlawan ini hidup-hidup," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.