Find Us On Social Media :

Kapalnya 7 Kali Lebih Besar dari Punya Columbus, Benarkah Pelayaran Laksamana Cheng Ho 'Keliling Dunia' Sebenarnya Berangkat dari 'Niat Licik' Ini?

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 14 Mei 2022 | 15:50 WIB

(Ilustrasi) Peayaran Laksamana Cheng Ho

Intisari-Online.com - Zheng He atau yang juga dikenal sebagai Cheng Ho adalah salah satu laksamana paling terkenal dalam sejarah Tiongkok.

Terutama, dia terkenal karena pelayaran harta karunnya.

Pelayaran ini bertujuan untuk memproyeksikan kekuatan dan kekayaan Dinasti Ming ke dunia yang dikenal dan disponsori oleh sang kaisar Yongle sendiri.

Namun, jika dilihat dari bagaimana cara Kaisar Yongle berkuasa, ada spekulasi bahwa pelayaran harta karun itu mungkin punya tujuan yang lebih jahat.

Laksamana Cheng Ho

Cheng Ho lahir pada tahun 1371 dari keluarga Muslim Hui di Yunnan, Cina barat daya, dan awalnya bernama Ma He.

Pada tahun 1378, wilayah ini ditaklukkan oleh pasukan Dinasti Ming.

Selanjutnya, tentara Ming memulai kampanye militer di daerah ini untuk melenyapkan loyalis Yuan yang tersisa.

Pada tahun 1381, Cheng Ho ditangkap oleh tentara Ming, dikirim ke ibukota, Nanjing, dikebiri, dan dimasukkan ke dalam dinas kekaisaran sebagai kasim.

Dia kemudian dikirim ke Beiping (sekarang Beijing) untuk melayani Pangeran Yan.

Selama waktu ini, Cheng Ho membuktikan bahwa dia adalah seorang komandan militer yang cakap, saat dia menemani tuannya dalam berbagai kampanye militer.

Apalagi berkat kesetiaan dan kepemimpinannya, Cheng Ho segera menjadi salah satu orang kepercayaan terdekat sang pangeran.