Find Us On Social Media :

Bawa-Bawa Nama Israel, Mendadak Rusia Tuding Negara Yahudi Tersebut Punya Peran Ini di Ukraina, Barat Dituduh Diam-Diam Mendukungnya

By May N, Rabu, 4 Mei 2022 | 15:51 WIB

Presiden Rusia Putin berbicara selama pertemuan Dewan Rusia-NATO

Intisari - Online.com - Rusia menuduh Israel mendukung neo-Nazi di Ukraina saat Moskow menggandakan klaim kontroversial yang dibuat oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov, yang menyebabkan Barat mempertanyakan komentar yang "tidak terbantahkan".

Lavrov awalnya mengklaim bahwa Adolf Hitler memiliki asal-usul Yahudi, yang diberhentikan oleh Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid sebagai "kepalsuan yang tak termaafkan" dan mengecam Menteri Luar Negeri Rusia untuk meminimalkan kengerian Holocaust.

Namun, dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, Lavrov membalas, menyatakan bahwa komentar Lapid adalah "anti-historis" dan "menjelaskan sebagian besar mengapa pemerintah Israel saat ini mendukung rezim neo-Nazi di Kyiv".

Moskow secara konsisten menggunakan alasan pemerintah neo-Nazi Ukraina sebagai pembenaran atas invasi mereka, meskipun faktanya Presiden Zelensky adalah seorang Yahudi dan pemerintahannya dipilih secara demokratis.

Mereka membalas bahwa “anti-Semitisme dalam kehidupan sehari-hari dan dalam politik tidak dihentikan dan sebaliknya dipelihara [di Ukraina]”.

Profesor Michael McFaul mentweet bahwa komentar Rusia "memalukan" dan "Lavrov tampaknya tidak terpengaruh akhir-akhir ini".

Israel telah berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan kedua belah pihak dalam perang, setelah menyatakan dukungan untuk Ukraina tetapi tidak memberlakukan sanksi terhadap Rusia karena status perantara kekuasaannya di negara tetangga Suriah, lapor Reuters.

Pemerintah Israel telah mengirim bantuan kemanusiaan ke Ukraina, karena Perdana Menteri Naftali Bennett telah mencoba untuk bertindak sebagai mediator antara kedua belah pihak.

Namun mereka tampaknya lebih bergoyang ke arah mendukung Ukraina, karena Lapid menuduh Rusia melakukan kejahatan perang di negara Zelensky.

Presiden Ukraina meminta Israel dalam pidatonya pada akhir Maret untuk "membuat pilihan" dalam mendukung Ukraina dan memasok mereka dengan senjata untuk membantu mengalahkan Rusia.

Pada hari Selasa, penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak tweeted: “Setelah Kremlin mengklaim bahwa Israel mendukung Nazisme, saya hanya punya satu pertanyaan.

“Apakah ada negara non-Nazi di seluruh dunia dalam sudut pandang Rusia?