Find Us On Social Media :

Jadi 'Bahan Gorengan' AS untuk Bikin Rakyat Ukraina Benci Rusia, Bencana Holomodor yang Tewaskan 17 Juta Rakyat Ukraina Justru Dipicu oleh Hal 'Alami'

By Khaerunisa, Selasa, 26 April 2022 | 19:50 WIB

Peristiwa kelaparan di Ukraina.

Intisari-Online.com - Ukraina sejak dulu telah dikenal sebagai wilayah penghasil bahan makanan, terutama biji-bijian.

Seperti diketahui, kini Ukraina menjadi salah satu negara pengekspor gandum utama dunia bersama Rusia dan menyumbang sekitar sepertiga dari penjualan tahunan global.

Tak heran jika muncul kekhawatiran kekurangan pasokan gandum dunia ketika kedua negara tersebut berperang.

Tetapi rupanya, Ukraina yang terkenal sebagai negara pemasok bahan makanan dunia itu, pernah mengalami bencana kelaparan yang disebut sebagai Holomodor.

Holodomor merupakan peristiwa kelaparan yang terjadi di Ukraina pada tahun 1932-1933.

Itu merupakan bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Ukraina (yang kala itu masih tergabung dalam Uni Soviet), di mana sekitar 17 juta orang Ukraina meninggal akibat kelaparan.

Setelah Vladimir Lenin meninggal pada tahun 1924, posisinya sebagai pemimpin Uni Soviet digantikan oleh Joseph Stalin.

Setelah memegang kekuasasaan, Stalin mengusung program kolektivisasi pertanian dengan memaksa para petani untuk menyerahkan lahan pribadi, peralatan pertanian, dan ternak mereka.

Baca Juga: Pantas Saja Amerika Mati-matian Dukung Ukraina Melawan Rusia Hingga Kucurkan Uang Lebih dari Rp10 Triliun, Terungkap Ada Maksud Tersembunyi di Balik Rencana Itu

Baca Juga: Dikelilingi Parit Bawah Tanah Beracun Merkuri, Inilah Makam Rahasia Kaisar Pertama China Qin Shi Huang, Mungkinkah Kita Bisa Lihat Bagian Dalamnya dan Letak Makam Kaisar Secara Persis?

Para petani di Uni Soviet dipaksa untuk bergabung dengan pertanian kolektif milik negara.

Menurut Stalin, pertanian kolektif dapat menghasilkan biji-bijian dalam jumlah besar dan nantinya akan dijual ke luar negeri, sehingga hasilnya dapat digunakan untuk membiayai rencana industrialisasi.