Find Us On Social Media :

Kepayahan Lawan Serangan Rusia, Ukraina Sampai Mohon-mohon Untuk Dibelikan Jet Tempur, Inilah 10 Jet Tempur Terbaik di Dunia, Mana yang Bisa Digunakan Ukraina?

By Mentari DP, Rabu, 20 April 2022 | 10:45 WIB

Ukraina bikin penggalangan dana untuk membeli jet tempur untuk melawan Rusia.

Intisari-Online.com - Ukraina telah meluncurkan kampanye 'Belikan saya jet tempur' secara online untuk penggalangan dana dalam upaya melawan Rusia dalam perang Rusia dan Ukraina.

Kampanye itu sudah dilakukan sejak Minggu lalu dan Ukraina melakukan penggalangan dana untuk membeli jet tempur atau pesawat perang lainnya.

Kira-kira, Ukraina membutuhkan rata-rata 25 juta Dollar AS (Rp358 miliar).

Akan tetapi Amerika Serikat (AS), Inggris, dan negara-negara NATO lainnya enggan memenuhi permintaan Kiev akan jet tempur.

Malahan sejauh ini, mereka membatasi dukungan mereka pada bantuan kemanusiaan dan perlengkapan militer lainnya.

Pada bulan Januari tahun ini, sebelum Rusia menyerang Ukraina, terungkap daftar 10 besar jet tempur terbaik di dunia diterbitkan oleh pusat penerbangan, AeroTime.

Penilain itu melihat berbagai aspek jet, termasuk kekuatan mesin, radar, kinerja elektronik, senjata, hingga sistem komputer.

Inilah 10 jet tempur yang mungkin bisa digunakan Ukraina untuk melawan Rusia seperti dilansir dari express.co.uk pada Rabu (20/4/2022).

Di nomor 10 dan sembilan dalam daftar adalah Saab JAS 39E Gripen Swedia dan Sukhoi Su-35S Rusia.

Su-35S yang sangat bermanuver adalah versi yang lebih modern dari platform

Sementara Su-27 adalah salah satu pesawat yang dicari oleh Ukraina dalam kampanye penggalangan dananya ini.

Di nomor delapan adalah Eurofighter Typhoon, pesawat tempur multi-peran paling canggih, yang merupakan andalan Angkatan Udara Kerajaan Inggris.