Find Us On Social Media :

Gunakan Jet Tempur, Helikopter dan Pesawat Tak Berawak, Mendadak Turki Kirim Pasukannya Untuk Melakukan Operasi Militer ke Negara Timur Tengah Ini, Apa yang Mereka Incar ?

By Afif Khoirul M, Senin, 18 April 2022 | 11:36 WIB

(ilustrasi) Perbandingan kekuatan militer Turki.

Intisari-online.com - Militer Turki memobilisasi pasukan udara dan darat dalam operasi itu, termasuk pasukan komando, jet tempur, helikopter dan pesawat tak berawak, kata Menteri Pertahanan Hulusi Akar.

Ankara mengklaim telah menghancurkan banyak bunker, terowongan dan gudang amunisi, serta pusat komando bagi para pejuang yang setia kepada Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di wilayah perbatasan utara Irak, termasuk Metina, Zap, dan Avashin-Basyan.

Segera setelah itu, infanteri Turki memasuki wilayah Irak.

Tidak jelas berapa banyak pasukan yang dikerahkan Turki untuk operasi militer, serta peralatan terkait.

"Kampanye kami masih berjalan dengan sukses. Tujuan yang ditetapkan pada langkah pertama telah tercapai," kata Akar, menurut AP.

Militer Turki hanya menargetkan target yang dianggap "teroris", dan sangat terkendali untuk menghindari korban sipil dan monumen sejarah dan budaya di Irak.

"Operasi akan terus kami lakukan hingga teroris terakhir tersingkir," tambah Akar.

"Kami bertekad untuk menyelamatkan negara kami dari teroris yang telah mengganggu kami selama 40 tahun terakhir."

Baca Juga: Ukraina Siap Menukar Tawanan Perang dan Kembalikan Mayat Tentara Rusia ke Keluarganya, Namun Begini Sikap Putin yang Dinilai 'Dingin'

PKK adalah organisasi politik milisi Kurdi dan juga gerakan gerilya bersenjata.

Suku Kurdi saat ini tinggal terutama di Turki, Suriah dan Irak.

Kurdi di Irak ingin membangun negara merdeka mereka sendiri, sementara Kurdi di Suriah dan Turki ingin pergi ke arah lain.