Amerika Sibuk Ikut Ribut di Perang Rusia-Ukraina, China Diam-diam Memulai Patrolinya di Laut China Selatan dengan Senjata Perang Mematikan Ini, Negara-negara Tetangga Kebakaran Jenggot Dibuatnya

May N

Penulis

Jet tempur J-20 buatan China siap dikirimkan untuk patroli Laut China Selatan

Intisari - Online.com -China telah memulai patroli pesawat tempur siluman J-20 di atas Laut China Selatan, tanda terbaru dari meningkatnya ketegasan Beijing di jalur perairan strategis yang semakin termiliterisasi dan diperebutkan dengan panas.

Berita tentang patroli itu dikonfirmasi pada hari Rabu (13 April) oleh Perusahaan Industri Penerbangan milik negara China (AVIC), yang merupakan produsen J-20.

Berita tentang patroli itu menjadi panas setelah laporan bulan lalu tentang pertemuan dekat antara F-35 AS dan J-20 di atas Laut Cina Timur.

Menurut Komandan Angkatan Udara Pasifik AS Kenneth Wilsbach, pilot AS “relatif terkesan” dengan komando dan kontrol yang terkait dengan J-20.

Namun, Wilsbach juga mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk mengetahui bagaimana China akan menyebarkan J-20, karena belum diketahui apakah jenisnya “akan lebih seperti F-35, yang terutama merupakan pesawat tempur superioritas udara yang memiliki kemampuan udara-ke-darat.”

Dalam konferensi pada 12 April, Ren Yukun, kepala tim inspeksi dan pengawasan disiplin di AVIC, mengatakan kemampuan J-20 untuk melakukan patroli di Laut Cina Selatan dimungkinkan oleh penggunaan mesin buatan dalam negeri, yang kemungkinan besar WS- 15 .

Jenis mesin ini secara signifikan meningkatkan kemampuan manuver dan kinerja tempur J-20.

Menurut pakar militer China Wang Mingliang, upgrade tersebut memberikan supercruise dan kemampuan manuver super J-20, menambah kemampuan siluman yang sudah tangguh dan kesadaran situasional untuk menandingi pesawat tempur AS seperti F-22 dan F-35.

Jika China memang telah memulai patroli J-20 di Laut China Selatan, dengan mesin tempur silumannya yang memiliki kinerja yang dapat diterima, jet ini dapat secara serius mempengaruhi keseimbangan kekuatan udara di perairan yang disengketakan dan memungkinkan serangan jarak jauh ke AS dan sekutu. pangkalan di Pasifik.

Melansir Asia Times, tidak ada negara penuntut lain di Laut Cina Selatan yang mengoperasikan jet tempur generasi ke- 5.

Dengan demikian, J-20 menghadirkan tantangan yang signifikan bagi angkatan udara Asia Tenggara yang lebih maju seperti Singapura, yang bisa dibilang mengoperasikan armada tempur paling canggih di wilayah tersebut.

J-20 akan benar-benar mengalahkan angkatan udara yang lebih lemah seperti Filipina, yang tidak memiliki pesawat tempur multi-peran.

Namun, ada kemungkinan China akan menggunakan J-20 hanya dalam skenario paling berisiko, karena mahal untuk dioperasikan dan terlalu berharga untuk hilang.

Terhadap angkatan udara yang relatif lebih lemah ini, China dapat memilih untuk menggunakan perang gesekan udara daripada mempertaruhkan asetnya yang paling canggih.

Bahkan tanpa J-20, China masih menikmati keuntungan jumlah dibandingkan angkatan udara penuntut saingan.

China dapat memilih untuk melakukan patroli intensif dan terus-menerus di daerah-daerah yang diperebutkan di Laut China Selatan, memaksa angkatan udara negara-negara penuntut untuk merespons di luar kemampuan mereka, menyebabkan kelelahan, meningkatkan kemungkinan salah perhitungan, dan memaksa kehilangan peralatan karena keausan.

Mesin yang lebih baru ini juga memungkinkan J-20 untuk melakukan misi yang mungkin dimaksudkan untuk melakukan serangan jarak jauh ke lingkungan pertahanan udara yang kompleks jauh dari pangkalan udara daratan China, sebelum mundur ke keamanan jaringan pertahanan udara China.

Prototipe awal J-20 menggunakan mesin Saturn 117S Rusia dan mesin WS-10C China yang kurang bertenaga.

Namun, mesin ini tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mencapai kecepatan yang diinginkan, dengan kurangnya daya dorong berpotensi membuat J-20 rentan dalam pertempuran udara dengan pesawat tempur AS.

Selain itu, mesin yang kurang kuat ini menghalangi penggunaan senjata energi terarah seperti laser dan gelombang mikro di atas J-20 dan dapat menghambat pengembangan lebih lanjut dari tipe tersebut sebagai pesawat tempur berawak opsional.

Untuk beberapa waktu, J-20 menggunakan mesin AL-31F buatan Rusia, yang digunakan oleh pesawat tempur kelas berat Su-35 Rusia yang juga dioperasikan China.

Namun, orang dalam industri pertahanan China mengatakan bahwa tidak layak untuk terlalu bergantung pada mesin Rusia, karena Rusia bersikeras bahwa China membeli lebih banyak Su-35 untuk mendapatkan lebih banyak unit mesin.

Orang dalam yang sama, yang meminta anonimitas, menyebutkan bahwa jangkauan yang lebih jauh adalah satu-satunya keunggulan yang dimiliki Su-35 dibandingkan pesawat tempur China yang sebanding seperti J-16, dengan radar, sistem navigasi, dan komponen elektronik lainnya semuanya lebih rendah.

China telah lama berjuang untuk memproduksi mesin jet berkualitas untuk angkatan udaranya, hambatan utama dalam program modernisasi angkatan udaranya.

Pada 1990-an dan 2000-an, China berusaha menyalin mesin Rusia tertentu tetapi menghasilkan salinan yang kurang bertenaga dengan rentang hidup yang sangat rendah.

Rusia juga menyadari bahwa China telah mencuri desain Su-27 dan membuat salinannya sendiri tanpa izin.

Moskow tidak menjual unit mesin yang berdiri sendiri, yang membuat rekayasa balik di pihak China menjadi sangat sulit.

China masih menghadapi kendala teknis dalam pembuatan mesin jet, karena belum menyempurnakan metalurgi mesin jet dan proses pemesinan presisi.

Selain itu, perusahaan pertahanan yang dikelola negara China telah lama berjuang dengan inovasi dan penelitian, dan lebih terbiasa dengan rekayasa balik dan pembuatan komponen yang lebih sederhana.

Baca Juga: Misteri Laut China Selatan, Diklaim Ilegal oleh China, Kini Dijaga Ketat Oleh Militer Bahkan Negeri Panda Ketar-Ketir Ketika Ada Wartawan Datang, Apa yang Disembunyikan di Sana?

Artikel Terkait