Find Us On Social Media :

Kisah Sedih Ratu Iran Soraya, Dibesarkan di Tengah Keluarga Iran dan Eropa, Sakit Jelang Pernikahan, Akhirnya Diceraikan dan Diasingkan dari Negaranya Karena Tidak Bisa Berikan Keturunan Kerajaan

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 9 April 2022 | 13:05 WIB

Pernikahan Ratu Soraya dan Shah Iran Mohammed Riza Pahlavi

Intisari-Online.com – Mereka memanggilnya ‘Putri dengan mata sedih’, ‘Ratu kesedihan’, tetapi semuanya dimulai secara berbeda di saat kebahagiaan sebagai satu-satunya pilihan alami.

Shah Iran, Mohammed Reza Pahlavi, pada tahun 1948, baru saja berpisah dari istri pertamanya, Putri Fawzia dari Mesir, ketika dia bertemu Soraya, seorang wanita muda cantik, setengah Iran dan setengah Jerman.

Dibesarkan antara Iran dan Eropa, Soraya adalah gadis remaja yang ceria dan riang ketika saudara perempuan Shah, Putri Syams bertemu dengannya di London dan menganggapnya sebagai ‘mutiara langka’ yang tepat untuk kakaknya.

Penting bagi Shah untuk menikah kembali karena pernikahannya dengan Fawzia menghasilkan satu putri yang tidak bisa mewarisi takhta Iran.

Tapi dia tidak perlu banyak meyakinkan, karena Soraya benar-benar menawan.

Dua hari setelah dia kembali ke Teheran dari Jerman, Soraya diundang untuk makan malam dengan ibu Suri, Tadj ol-Molouk, di istana kerajaan.

Keesokan harinya, ayahnya mengatakan kepadanya, “Shah sangat menyukaimu. Apakah kamu siap untuk menikah dengannya?” Pertunangan pun diumumkan setelah 24 jam.

Berusia 18 tahun, Soraya menjadi calon istri penguasa Iran dan menerima cincin berlian yang luar biasa di pertunangannya.

Sayangnya, tepat sebelum pernikahan, Soraya terkena demam tifoid dan terbaring di tempat tidur selama beberapa minggu.

Legenda mengatakan bahwa Shah membawakannya permata setiap hari dan meletakkan di bantalnya.

Pernikahan akhirnya dilangsungkan pada 12 Februari 1951.

Acara pernikahan yang akbar namun juga merupakan ujian fisik yang berat bagi Soraya, dia tetap lemak karena berminggu-minggu sakit parah, dia nyaris tidak berhasil melewati upacara pernikahan yang panjang dan melelahkan.