Find Us On Social Media :

Apa Peran Daerah dalam Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia? Ini Penjelasannya

By Khaerunisa, Minggu, 3 April 2022 | 08:45 WIB

Peta Indonesia yang diluncurkan pada 2017 oleh Badan Informasi Geospasial.

Intisari-Online.com - Apa peran daerah dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia?

Peran daerah dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia telah terlihat sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Rakyat daerah bersama-sama melakukan perlawanan untuk menentang para penjajah yang ingin merebut kemerdekaan dari Indonesia.

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia tersebar ke seluruh penjuru dunia, muncul berbagai respon dari negara-negara internasional.

Belanda merespon hal tersebut dengan datang kembali ke Indonesia untuk merebut kekuasaan dari pemerintah Indonesia pimpinan Soekarno-Hatta.

Belanda datang ke Indonesia dengan menumpang kapal tentara Sekutu (AFNEI) yang sedang bertugas untuk melucuti dan memulangkan tentara Jepang di Indonesia.

Seperti banyak kita ketahui, kemudian muncul perlawanan berbasis kedaerahan, seperti Pertempuran 10 November di Surabaya, Pertempuran Ambarawa, Bandung Lautan Api, dan lainnya.

Tentu tak berhenti di situ, setelah kedaulatan Indonesia diakui, daerah pun tetap punya peran penting dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Bagaimana Latar Belakang Bandung Lautan Api yang Sebenarnya?

Baca Juga: Apa Tujuan dan Dampak Serangan Umum 1 Maret 1949? Inilah Jawabannya

Tanpa adanya peran daerah, perjuangan mempertahankan NKRI akan menjadi sulit.

Pasalnya, Indonesia merupakan negara yang terdiri dari ribuan pulau, dengan bahasa, budaya, suku, dan agama yang harus terus menjunjung persatuan dan kesatuan.