Find Us On Social Media :

Perlukah Ibu dan Bapak Rumah Tangga Mengerti Khasiat Obat-obatan?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 3 Mei 2018 | 21:30 WIB

Intisari-Online.com – Waktu tinggal di Semarang, di dekat rumah tinggal kami masih ada jurang dengan tanam-tanaman liar.

Sering binatang-binatang seperti kadal, kaki-seribu, lintah, bahkan ular masuk ke halaman rumah. Pernah pembantu kami digigit binatang, mungkin sekali kalajengking.

Kami kebetulan sedang keluar dan baru kembali kira-kira jam 10.00 malam. Saya lihat tangannya antara ibu-jari dan telapak membengkak.

Untungnya  anak-anak telah kami beritahu, bahwa bekas gigitan serangga, termasuk nyamuk, ulat dan Iain-lain agar lekas-lekas diolesi dengan salep wangi.

Baca juga: Ketika Tukang Copet Membalas Dendam pada Dokter yang Mengoperasi Anaknya Tanpa Obat Bius

Yang dimaksud dengan salep wangi menurut istilah kami sendiri, adalah "Phenergan cream". Untuk mengurangi bengkaknya terpaksa kami kompres dengan ammonia.

Berbicara tentang ammonia, kegunaaan adalah untuk menyadarkan orang pingsan (semaput), karena cairan tersebut, berbau merangsang. Sekarang dipakai dalam kotak perlengkapan obat-obatan Pramuka, dalam bentuk ampul.

Selain ammonia, di dalam setiap kotak PPPK selalu terdapat, obat merah atau mercurochrom (=neochrome), yaitu cairan berwarna merah untuk mengobati luka/lecet/goresan/irisan yang baru saja terjadi.

Bila anak jatuh terpeleset dan berdarah lututnya misalnya, maka sebaiknya anda langsung mengambil kapas pembalut, mencelupkannya kedalam larutan alcohol-70%, lalu luka tersebut dibersihkan dari tanah-tanah yang melekat, baru diolesi obat merah dan biarkanlah mengering sendiri dan jangan ditutupi maupun diperban.

Baca juga: Ketika Pemburu Duyung dari Desa Air Glubi Bertobat: Begini Ceritanya tentang Mamalia Cerdas Itu

Bila lukanya lebar dan terjadi di bagian sendi/siku/lutut (misalnya kecelakaan motor, terjatuh dari lapangan tenis) sebaiknya sesudah diberi pertolongan di atas diberi pula sofratulle, yaitu gaas steril yang mengandung obat antibiotika dalam minyak, lalu boleh diplester atau diperban.

Biasanya di kotak PPPK ada juga 1-2 bungkus S.A steril, yaitu bubuk steril sulfanilamide, yang berguna untuk mengobati luka-luka, biasanya luka yang agak dalam (terkena pecahan botol, kaca). Luka tersebut terpaksa harus dibalut/diperban.

Selain itu ada pula 1 botol kecil berisi minyak kayu putih. Kegunaan minyak kayu putih ini adalah untuk digosokkan perut yang kembung atau bagian kulit yang gatal-gatal.