Find Us On Social Media :

Bak Kuda Jantan yang Tinggalkan Pasukan, Inilah Ramses II, Firaun Legendaris yang Miliki Lebih dari 100 Anak yang Ditinggalkannya, Berapa Istri yang Dimilikinya Hingga Begitu Banyak Anaknya?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 18 Maret 2022 | 12:00 WIB

Patung Ramses II dan makamnya dengan anak-anaknya yang hampir berjumlah 100 anak.

Intisari-Online.com – Begitu banyak Firaun yang memerintah Mesir Kuno, namun Ramses II adalah salah satu yang paling terkenal dan dikenang.

Ada ribuan legenda tentang eksploitasinya, dia pun menjadi salah satu  yang populer karena memiliki banyak peninggalan dan kenang-kenangan selama 66 tahun berkuasa, dari 1279 SM hingga 1213 SM.

Sebagai putra dari  Firaun Seti I dan istrinya Tuya, Ramses menjadi pewaris ketika kakak laki-lakinya, Nebchasetnebet, meninggal sebelum dewasa.

Maka sejak usia dini dia sudah menjadi kepala tentara, dan digambarkan sebagai pemimpin yang ‘licik’.

Siapa yang tidak tahu, dia juga bak seekor kuda jantan yang meninggalkan pasukan setidaknya 100 anak menurut para ahli (antara 48 hingga 50 putra, dan 40 hingga 53 putri).

Lalu, pada usia 15 tahun, sebelum dia menjadi Firaun, Ramses sudah menikah dan menjadi ayah dari empat orang anak.

Istrinya adalah Nefertari, yang dinikahinya saat remaja.

Semua keturunannya yang berjumlah 100 anak itu berasal dari hubungannya dengan istri-istri kerajaannya yang agung, istri-istri sekunder, dan selir.

Baca Juga: Menikah Saat Masih Muda dan Naik Takhta Ketika Sudah Tua, Inilah Merneptah, Putra Ramses II, yang Diperkirakan Mengalami Penyakit Ini Sebelum Meninggal

 Baca Juga: Jadi Sosok Sakral bagi Rakyatnya, Inilah 7 Kunci Pemerintahan Ramses II yang Berumur Panjang dan Menganggap Dirinya Tuhan, Salah Satunya Letakkan Dasar bagi Perdamaian Abadi dengan Tetangga

Dari semua keturunannya hanya sedikit yang berhasil menonjol dan memasuki ‘perlombaan’ suksesi, dan mereka itu adalah anak-anak yang lahir dari dua istri pertamanya, yaitu Nefertari dan Isetnofret (Isis-nofret).

Para ahli Mesir Kuno mendefinisikan Nefertari sebgai  wanita terpenting dalam  kehidupan Ramses, dan dia merupakan Istri Kerajaan Agung pertamanya.