Find Us On Social Media :

Dulunya Jadi Pusat Pembelajaran Tertua di Mesir, Daerah Kumuh Ini 'Sembunyikan' Patung Raksasa Firaun Termahsyur Mesir Kuno Ramses II

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 5 November 2021 | 14:40 WIB

Patung raksasa Firaun Ramses II ditemukan di daerah kumuh Kairo

Intisari-Online.com - Para arkeolog di Mesir menemukan sebuah patung besar berukuran 8 meter yang terendam air tanah di daerah kumuh Kairo pada 2017.

Melansir The Vintage News, tim peneliti gabungan Jerman-Mesir mengatakan itu adalah patung Firaun Ramses II yang dihormati, yang memerintah Mesir dari 1279 hingga 1213 SM.

Patung raksasa yang terbuat dari kuarsit ini ditemukan di kota kuno Heliopolis, sebuah pusat keagamaan penting dan salah satu kota terbesar di Mesir Kuno.

Terletak di bagian timur Kairo modern, Heliopolis adalah rumah bagi dewa matahari dan, menurut sejarawan Herodotus, itu adalah pusat pembelajaran tertua di Mesir.

Baca Juga: Terendam Selama 1.000 Tahun, Kota Penting dari Mesir Kuno Ini Ditemukan Bersama Ratusan Patung Dewa, Firaun, dan Jimat

Ada banyak kuil dewa matahari Mesir di kota kuno Heliopolis dan di antaranya adalah kuil matahari raksasa yang didirikan oleh Ramses II.

Kementerian Kepurbakalaan pemerintah Mesir menyatakan itu adalah salah satu penemuan paling penting yang pernah ada.

"Kami menemukan patung-patung, bagian bawah kepala, mahkota dan telinga kanan serta pecahan mata kanan," kata Menteri Purbakala Khaled al-Anani.

Baca Juga: Bukan Manusia, Terkuak Inilah Identitas Asli dari 2 'Makhluk' yang Tersimpan di Balik Peti Mumi Kecil Mesir Kuno Selama 50 Tahun, Para Ilmuwan Sampai Terkejut Lihat Isinya