Find Us On Social Media :

Tantang Balik NATO, Rusia Sebut Mereka Bisa Menarget Pasokan Senjata Barat untuk Ukraina, 'Konvoi Ini Jadi Target Empuk!'

By May N, Minggu, 13 Maret 2022 | 12:28 WIB

Tentara Ukraina memegang senjata anti tank NLAW di luar kota Kyiv

Intisari - Online.com - Rusia telah mengatakan pasukan mereka dapat menarget pasokan senjata-senjata Barat di Ukraina, di mana tentara Rusia telah menyerang sejak akhir Februari.

"Kami memperingatkan AS bahwa orkestra pengiriman senjata dari sejumlah negara tidak hanya gerakan berbahaya, itu merupakan gerakan yang mengubah konvoi-konvoi ini jadi target utama," ujar Wakil Kementerian Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov kepada media TV pemerintah Sabtu kemarin.

Melansir Al Jazeera, ia mengatakan Moskow telah memperingatkan "mengenai konsekuensi pemindahan tanpa berpikir untuk senjata-senjata seperti sistem pertahanan udara portabel, sistem rudal anti-tank dan lain sebagainya".

Ryabkov mengatakan Washington sebelumnya tidak menganggap peringatan Moskow serius dan menambahkan jika Rusia dan AS tidak menahan "proses negosiasi" apapun di Ukraina.

Presiden Vladimir Putin mengirim tentara-tentara Rusia ke Ukraina pada 24 Februari dan mengatakan ia bertujuan untuk "mende-Nazifikasi" negara itu.

Moskow mendapatkan sanksi-sanksi internasional sejak Putin mengirim tentara ke Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berulang kali menyeru negara-negara Barat untuk mengirim lebih banyak bantuan militer ke negaranya, memperingatkan bahwa militer Rusia tidak akan berhenti di perbatasan Rusia jika Moskow mendapatkan kendali penuh.

Sementara AS dan NATO telah menolak seruan berulang kali Zelenksyy untuk menerapkan zona larangan terbang di atas Ukraina, ada pengiriman senjata-senjata ke Ukraina dengan kecepatan tinggi, termasuk senjata sensitifitas tinggi seperti rudal yang ditembakkan dari bahu yang disebut sistem pertahanan udara portabel-man (MANPADS) yang bisa menjatuhkan pesawat.

Baca Juga: 500 Tentara Lakukan Bunuh Diri pada 2006 hingga Perpeloncoan yang Mendarah Daging, Inilah Rahasia Gelap Angkatan Darat Rusia yang Ditutup-tutupi

Baca Juga: Rusia Bikin Panik Satu Dunia, Berhasil Duduki Ukraina, Rupanya Dua Reaktor Nuklir Besar Chernobyl dan Zaporizhzhia Ini Sudah Di Tangan Rusia, Kebocoran Radiasi Bisa Terjadi Kapan Saja

Pengiriman senjata Barat sangat penting untuk memungkinkan Ukraina melawan pasukan invasi Rusia jauh lebih efektif dan ganas daripada yang diperkirakan intelijen AS.

Senat AS pada hari Kamis menyetujui $6,5 miliar untuk bantuan militer untuk Ukraina.