Find Us On Social Media :

Yang Diserang Ukraina, Ternyata Indonesia Sudah Bersiap Perang Melebar Sampai Minta Bantuan Negara Tetangga Ini Sembari Perhatikan Gerakan China di Laut China Selatan

By May N, Jumat, 25 Februari 2022 | 17:40 WIB

Tentara Angkatan Laut Indonesia menghadang kapal China 'Hua Li-8' di Belawan, Sumatera Utara, tahun 2016. Indonesia bersiap mengikuti pergerakan China dibantu negara tetangga ini

Intisari - Online.com - Perhatian penduduk seluruh dunia kini tertuju pada perang Rusia-Ukraina di Ukraina.

Konflik ini disebut bisa menyebar dengan cepat menjadi perang yang lebih besar, dengan kekhawatiran konflik berikutnya terjadi di Indo-Pasifik.

Taiwan adalah negara kunci konflik di Pasifik, dan China sebagai tokoh utama.

Indonesia rupanya sudah diam-diam mempersiapkan konflik berkepanjangan.

Pejabat Angkatan Laut Indonesia telah dipermalukan setelah apa yang mereka klaim sebagai dua pemindai radar buatan AS yang ditemukan mengapung di lepas pantai Sulawesi Selatan awal bulan ini ternyata peralatan yang secara rutin dipakai oleh perusahaan survei Indonesia dalam pencarian seismik untuk minyak dan gas (migas).

Dalam tanda tumbuhnya sensitivitas Indonesia terkait permusuhan besar di maritimnya, komandan lokal tampaknya menarik kesimpulan dengan cepat karena silinder dengan massa 5 kilogram itu ditemukan di dekat pulau yang dulunya lokasi munculnya drone bawah tanah buatan China tahun 2021 lalu.

Beberapa hari sebelum penemuan diumumkan, kapal perang China, yang sebelumnya telah memasuki perairan Indonesia, menimbulkan insiden diplomatik dengan menarget sinar laser tingkat militer pada pesawat patroli Boeing P-8A Poseidon Angkatan Udara Australia (RAAF) di Laut Arafura.

Dilansir dari Asia Times, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pesawat itu telah "berada di bawah ancaman" oleh laser itu, memancar dari kapal perusak berpeluru kendali kelas Luyang ketika mendekati Selat Torres, jalur air sempit antara Australia dan Papua Nugini, yang membuka ke Laut Koral.

Baca Juga: Digambarkan Nyaris Mirip Nazi, Begini Ngerinya Serangan Rusia Ketika Menghujani Ukraina dengan Rudal, 'Ledakan Terlihat Sampai Menerangi Langit'

Baca Juga: Gempar Rusia Lakukan Operasi Militer ke Ukraina, PBB Langsung Turun, Ternyata Wakil Ukraina Ini Sebut Upaya PBB Sudah Terlambat, Begini Ucapannya!

Penghancur dan sebuah kapal transportasi amfibi kelas Yushao berukuran 25.000 ton pertama kali dideteksi oleh P-8 lepas pantai selatan Jawa pada 12 Februari saat keduanya meluncur untuk pertemuan dengan kapal fregat kelas Jiangkai dan sebuah kapal pengisian kelas Fuchi di selatan Timor Barat.

Setelah berlayar melalui Selat Makassar, kehadiran kapal kedua yang kecil telah ditangkap di lepas pantai Maluku oleh kapal fregat Australia, HMAS Arutmin.