Find Us On Social Media :

India Makin Terancam, China Bakal Dirikan Fasilitas Rudal Besar-besaran di Negara Tetangga India ini untuk 'Mengepungnya

By Tatik Ariyani, Minggu, 20 Februari 2022 | 08:58 WIB

Rudal F-90 Angkatan Darat Bangladesh.

Intisari-Online.com - Asia Selatan sedang menyaksikan persaingan kekuatan besar antara China dan India.

Beijing berusaha untuk memperluas kehadirannya di kawasan itu dengan modal besar dan ekspor senjata.

Sementara India berusaha keras untuk mempertahankan lingkup pengaruh tradisionalnya.

Satu dekade setelah China mengirimkan sistem rudal permukaan-ke-udara ke Bangladesh, negara itu akan mendapatkan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan yang juga dapat berfungsi sebagai jalur produksi untuk rudal yang sama dan varian yang ditingkatkan, lapor The Tribune.

Sebuah Perusahaan China, Vanguard, dilaporkan telah dipilih sebagai mitra untuk pusat pemeliharaan rudal FM-90 yang akan didirikan di Bangladesh.

Sistem FM-90, dipasang di truk, adalah versi yang disempurnakan dari “Hong Qi,” sebuah rudal yang dikembangkan oleh China National Precision Machinery Import and Export (CNPMIEC) pada tahun 1998.

Pada tahun 2011, rudal tersebut dikirim ke Bangladesh. Senjata pertahanan udara ini mampu menembak jatuh pesawat, rudal, dan drone di segala kondisi cuaca.

FM-90 memiliki radar dengan jangkauan 25 kilometer dan dapat meluncurkan serangan simultan terhadap beberapa target, termasuk rudal jelajah ultra-rendah, rudal udara-ke-permukaan, dan rudal anti-radiasi pada jarak lebih dari 16 kilometer.

Baca Juga: Layaknya China yang Sebarkan Pandemi Ke Seluruh Dunia, Bangsa Mongol di Bawah Genghis Khan Pernah Sebarkan Wabah Mematikan Ini dari Asia ke Eropa Lewat Jalur Perdagangan yang Kini Juga Dibangun China

 Baca Juga: Kisah Soong Mei-Iing, Tokoh Wanita China Berpengaruh di Abad ke-20, Cantik, Berkharisma, Berpendidikan, Pidatonya Pukau Amerika untuk Berikan Dukungan pada China Lawan Agresi Jepang

Saat ini, Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat Bangladesh semuanya dipersenjatai dengan rudal ini.

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China juga memiliki sistem rudal yang sama.