Find Us On Social Media :

Gila-Gilaan Dapat Sokongan Bantuan Militer Dari Sana-Sini, Sekuat Apa Militer Ukraina Mampu Menahan Gempuran Rusia Jika Perang Terjadi

By Afif Khoirul M, Selasa, 15 Februari 2022 | 06:55 WIB

Ilustrasi - Tank Perang Ukraina.

Intisari-online.com - Rusia hampir tidak memiliki masalah ketika mengambil alih semenanjung Krimea tepat di depan tentara Ukraina pada tahun 2014.

Namun, setelah delapan tahun, kekuatan tentara Ukraina sangat berbeda.

"Mereka tidak sama seperti pada tahun 2014,"Jim Townsend, mantan wakil asisten menteri pertahanan, mengomentari kekuatan militer Ukraina.

Menurut penilaian Dewan Atlantik (berbasis di AS), Rusia akan menghadapi lawan yang tangguh jika menyerang Ukraina.

Tentara nasional Eropa Timur sekarang lebih terlatih, dilengkapi dengan senjata yang lebih modern daripada tahun 2014.

"Meskipun Rusia masih merupakan kekuatan militer dengan potensi yang melampaui Ukraina, ia akan membayar harga yang mahal jika menyerang tetangganya," katanya.

"Dengan kombinasi pasukan reguler, cadangan, dan sukarelawan, Ukraina dapat memobilisasi kekuatan yang tangguh dan menimbulkan rasa sakit di Rusia," kata Dewan Atlantik dalam laporan terbarunya.

Ukraina saat ini memiliki lebih dari 250.000 tentara tugas aktif, 290.000 cadangan dan lebih dari 50.000 sukarelawan.

Baca Juga: Berbulan-bulan Jadi Isu Terpanas Sejagat Dunia, Terkuak Alasan Rusia Tak Kunjung Serang Ukraina, Terkuak Ini Alasan Tak Terduga Rusia Belum Bisa Serang Ukraina

Baca Juga: Padahal Konflik Rusia-Ukraina Saja Sedang Panas-Panasnya, Kini Duni Terancam Muncul 5 Skeranio Perang Antara Indonesia dan Amerika, Hal Ini Jadi Penyebabnya!

Delapan tahun lalu, tentara tetap Ukraina berjumlah lebih dari 140.000 dan hanya 6.000 di antaranya yang sangat siap tempur.

Rusia saat ini memiliki lebih dari 1 juta personel militer tugas aktif, empat kali lebih banyak dari kekuatan Ukraina.