Find Us On Social Media :

Sanggup Tembak Jatuh Rudal hingga Jet Tempur, China Klaim Mampu 'Sempurnakan' Railgun Pencegah Senjata Hipersonik Berkat 'Bantuan' Amerika dan Negara Lainnya

By Tatik Ariyani, Senin, 14 Februari 2022 | 15:09 WIB

Salah satu dari dua prototipe railgun Amerika yang dipamerkan

Intisari-Online.com - Munculnya senjata hipersonik telah memaksa negara-negara untuk mencari tindakan pencegahan.

Jepang dilaporkan telah mengembangkan "railguns" dalam menghadapi ancaman senjata hipersonik.

Jepang bukan satu-satunya negara yang mengembangkan railgun tersebut.

Railgun adalah senjata elektromagnetik yang mampu menembakkan proyektil dengan kecepatan Mach 7 — tujuh kali kecepatan suara — dan dikatakan mampu menghancurkan kapal, rudal, dan pesawat.

Namun di sisi lain, proyektil yang bergerak cepat dan arus listrik tegangan tinggi dapat menghasilkan keausan permanen pada rel atau dinding bagian dalam, yang dapat menurunkan umur dan akurasi senjata.

Sekarang, China tampaknya telah menemukan jawaban atas beberapa masalah yang mengganggu railgun, melansir The EurAsian Times, Minggu (13/2/2022).

Wang Xiaohe, seorang peneliti di China Huayin Ordnance Test Center di provinsi barat laut Shaanxi, mengklaim bahwa para peneliti negara itu telah menemukan beberapa solusi yang layak dalam beberapa tahun terakhir, lapor SCMP.

Program railgun China harus melalui sejumlah proses sertifikasi sebelum dapat digunakan dalam pertempuran di masa depan.

Baca Juga: Tidak Terima Senjata Canggih Mereka Kalah dengan Milik China, AS Beberkan Jeleknya Rudal Hipersonik China, Benarkah Pengubah Permainan Dalam Perlombaan Senjata Tiga Gurita Raksasa Dunia?

 Baca Juga: Gantungkan Kekuatan Militer Pada Pertahanan Hipersonik, Rudal Andalan Amerika Serikat Ini Malah Justru Kalah Telak Melawan Senjata Rusia dan China

Wang dan rekan-rekannya menekankan bahwa volume dan intensitas tes ini akan jauh melebihi tes sebelumnya.

Dia menyatakan bahwa sejumlah besar tembakan harus ditembakkan "nonstop pada tingkat energi tertinggi" untuk mengungkap dan mengatasi masalah.