Find Us On Social Media :

Diam-Diam Tak Banyak Orang Indonesia Tahu, Siapa Sangka Militer Indonesia Jadi Sorotan Media Vietnam Setelah Ketahuan Datangkan 36 Jet Tempur dari AS Seharga Rp200 Triliun Ini

By Afif Khoirul M, Minggu, 13 Februari 2022 | 12:00 WIB

Pesawat tempur F-15 Israel mengawal Bomber B-52H AS

Intisari-online.com - Sepak terjang militer Indonesia memang diam-diam bikin banyak negara keheranan.

Bahkan belakangan ini Indonesia kembali disorot oleh media Vietnam 24h.com.vn, perihal pembelian senjata militer.

Indonesia memang saat ini menjadi militer terkuat di Asia Tenggara.

Selain itu, kekuatan tempur militer Indonesia juga makin kuat, media Vietnam itu bahkan membocorkan transaksi senjata militer dengan Amerika Serikat.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden pada 10 Februari menyetujui kontrak pembelian senjata senilai 14 miliar dolar AS untuk Indonesia.

Keputusan itu dikatakan sebagai langkah menanggapi tindakan China di Asia-Pasifik.

Departemen Luar Negeri AS mengumumkan kesepakatan senjata senilai 14 miliar dollar AS (Rp200 T) saat Menteri Luar Negeri Antony Blinken sedang melakukan kunjungan ke Australia.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk menegaskan tekad AS untuk tidak membiarkan China mendominasi secara bebas di Pasifik.

Baca Juga: Sampai Dijuluki Pesawat Tempur Paling Lelet di Pangkalan Udaranya, Rafale yang Baru Diborong Prabowo Nyatanya Bikin Negara Ini Kapok Beli, Apalagi Usai Picu Skandal Besar

Baca Juga: Sampai Dijuluki Pesawat Tempur Paling Lelet di Pangkalan Udaranya, Rafale yang Baru Diborong Prabowo Nyatanya Bikin Negara Ini Kapok Beli, Apalagi Usai Picu Skandal Besar

Kontrak senilai Rp200 triliun yang disetujui AS mencakup 36 jet tempur F-15, mesin dan peralatan terkait, termasuk sistem komunikasi dan amunisi rudal.

Kontrak tersebut disetujui sekitar dua bulan setelah kunjungan Menlu AS ke Indonesia.