Find Us On Social Media :

Sekali Terbang Sedot Biaya Seharga Mobil Terlaris di Indonesia, Rafale yang Diborong Prabowo Ternyata Punya Ongkos Terbang Fantastis, Tembus Ratusan Juta

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 12 Februari 2022 | 17:15 WIB

Ongkos terjam per jam Rafale sama dengan harga mobil sejuta umat di Indonesia.

Intisari-Online.com – Secara resmi, Indonesia telah menandatangani kesepakatan dengan Prancis mengenai pembelian enam pesawat tempur Rafale.

Jumlah itu sebagai bagian dari total pesanan sebanyak 42 pesawat, seiring Paris memperkuat hubungan militer di Asia-Pasifik.

Kesepakatan tersebut diumumkan saat Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly, di Jakarta, pada Kamis (10/2/2022).

Penandatanganan tersebut merupakan pertanda terbaru dari hubungan antara Jakarta dan Prancis, ketika Prancis memikirkan ulang aliansinya di kawasan tersebut setelah runtuhnya kesepakatan kapal selam Australia bernilai miliaran dolar pada bulan September tahun lalu.

Pesanan pertama Indonesia itu datang ketika Jakarta menggantikan armada yang menua, sebagian besar terdiri dari F-16 Amerika dan Sukhoi Rusia, seiring meningkatnya kekhawatiran ketegangan Amerika Serikat-China di Asia.

Rafale merupakan jet tempur buatan Dassault Aviation yang mempu melakukan serangan darat dan laut, pengintaian, serangkaian akurasi tinggi, serta pencegahan serangan nuklir.

Melansir Air Force Technology, Rafale memiliki kokpit yang dilengkapi dengan hands-on throttle and stick control (HOTAS).

Rafale memiliki rentang sayap selebar 10,90 meter dengan panjang pesawat 15,30 meter, dan tinggi 5,30 meter, yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal 1,8 march atau 750 knot.

Baca Juga: Sampai Dijuluki Pesawat Tempur Paling Lelet di Pangkalan Udaranya, Rafale yang Baru Diborong Prabowo Nyatanya Bikin Negara Ini Kapok Beli, Apalagi Usai Picu Skandal Besar

 Baca Juga: Sampai Janji Kembalikan 100 Persen Dana Pembelian, Rafale yang Baru Saja Diborong Prabowo Malah Ditolak Mentah-mentah oleh Negara Ini, Seantero Prancis Sampai Sakit Hati

Sedangkan ketinggian maksimal Rafale mencapai 15,24 kilometer.

Radius tempur pesawat ini sejauh 1.850 km, dengan daya jelajah hingga 3.700 km.