Find Us On Social Media :

Begini Sejarah Singkat Terciptanya Bola Voli Hingga Bola Voli Pantai, Serta Dimulainya Kejuaraan Dunia

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 9 Februari 2022 | 17:10 WIB

Sejarah singkat terciptanya bola voli

Intisari-Online.comBola voli adalah sebuah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim, dengan satu timnya terdiri dari enam pemain.

Begini sejarah singkat terciptanya bola voli, yang pemainnya menggunakan tangan mereka untuk memukul bola bolak-balik di atas jaring yang tinggi.

Para pemain mencoba untuk membuat bola menyentuh lapangan di dalam area bermain lawan sebelum bisa dikembalikan.

Untuk mencegah itu, seorang pemain di tim lawan mengayunkan bola ke atas dan ke arah rekan setimnya sebelum menyentuh permukaan lapangan.

Rekan setim itu kemudian melakukan ‘tendangan’ voli melintasi jaring atau memukulkannya ke rekan setim ketiga yang melakukan ‘tendangan’ voli melintasi jaring.

Satu tim hanya diperbolehkan melakukan tiga sentuhan bola sebelum bola harus dikembalikan melewati jaring.

Bola voli ditemukan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan, direktur fisik Young Men’s Christian Association (YMCA) di Holyoke, Massachusetts.

Permainan itu dirancang sebagai olahraga dalam ruangan untuk pengusaha yang menemukan permainan baru bola basket terlalu kuat.

Baca Juga: Sejarah Bola Voli di Indonesia, Diperkenalkan Guru Asal Belanda yang Mengajar di Sekolah Tingkat Lanjutan

 Baca Juga: Sejarah Singkat Bola Voli, Siapa Sangka Dulunya Diciptakan dari Kombinasi Beberapa Permainan Ini

Morgan menyebut olahraga itu sebagai ‘mintonette’, sampai seorang profesor dari Springfield College di Massachusetts, mencatat sifat permainan voli dan mengusulkan nama ‘bola voli’.

Aturan asli ditulis oleh Morgan dan dicetak dalam edisi pertama Buku Pegangan Resmi Liga Atletik Asosiasi Kristen Remaja Putra Amerika Utara (1897).