Find Us On Social Media :

Jangan Keseringan Minum Parasetamol Tiap Kali Demam Jika Punya Hipertensi, Ternyata Ancaman Ini Mengintai Anda

By May N, Selasa, 8 Februari 2022 | 16:43 WIB

Parasetamol untuk obat penurun panas.

Intisari - Online.com - Terdapat sejumlah pantangan yang harus dipatuhi orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Selain mengurangi makanan yang mengandung tinggi garam dan gorengan, mereka juga harus berhati-hati saat meminum parasetamol.

Pasalnya orang dengan tekanan darah tinggi yang secara teratur mengonsumsi parasetamol berpotensi mengalami risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih besar.

Pasien yang memiliki resep obat jangka panjang -yang biasanya digunakan untuk pengobatan nyeri kronis- harus diberikan dosis efektif terendah untuk waktu sesingkat mungkin.

Disebutkan, parasetamol selama ini diketahui sebagai obat yang benar-benar aman untuk digunakan oleh pasien dengan nyeri kronis.

Tetapi, temuan terbaru dalam riset di University of Edinburgh ini menunjukkan efek pada tekanan darah mirip dengan antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen.

Kondisi inilah yang bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung, walau juga digunakan untuk mengatasi nyeri kronis.

Meminum parasetamol secara rutin diperkirakan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke sekitar 20 persen.

Baca Juga: Kandungan Parasetamolnya Disebut Belum Picu Keracunan dan Kematian, Kondisi Teluk Jakarta Justru Diungkap para Nelayan, Sebut Air Berwarna Merah dan Ikan-ikan Mati

Baca Juga: Obat Demam untuk Bayi, Perhatikan Begini Cara Tatalaksananya, Tidak Perlu Terburu-buru Berikan Obat, Ini yang Harus Anda Lakukan!

Oleh sebab itu, para peneliti menyarankan riset ini harus mengarah pada tinjauan resep parasetamol jangka panjang untuk pasien.

Itu tentunya akan bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kondisi tersebut atau mereka yang berisiko terkena penyakit jantung atau stroke.