Find Us On Social Media :

Kisah Apalala, Naga Besar Menakutkan yang Kendalikan Sungai Swat Berubah Jadi Raja Naga yang Baik Hati Selalu Bantu Orang dalam Mitologi Buddhis

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 5 Februari 2022 | 14:15 WIB

Apalala, naga ganas yang berubah jadi Raja Naga baik hati dalam mitologi Buddhis.

Intisari-Online.com – Dalam cerita mitologi Buddhis, Apalala, naga penghuni air yang menakutkan ini hidup di mata air pegunungan yang merupakan sumber Sungai Swat di Pashawa di India.

Daerah ini saat ini terletak di Peshawar, Provinsi Khyber-Pakhtunkhwa, Pakistan.

Bahkan, di Provinsi Swat di Pakistan yang kaya dengan pengetahuan Buddhis awal, banyak versi cerita Apalala yang berbeda.

Tidak seperti kebanyakan naga lainnya, Apalala memiliki kepala manusia dan tubuh luar, dia bijaksana dan licik.

Raja Naga (atau naga air) yang besar dan kuat selalu memiliki kekuatan yang sangat besar atas manusia.

Sungai sangat penting untuk panen dan kehidupan di wilayah tersebut, dan Apalala, Raja Naga, mampu mengendalikan aliran Sungai Swat dan jumlah hujan yang turun di daerah tersebut.

Itu berarti, orang-orang sangat bergantung pada Apalala.

Dia membantu para petani setempat menjalani kehidupan yang baik dengan melindungi lembah dari naga jahat yang mencoba menyebabkan kekeringan, banjir berbahaya, dan badai hujan yang tiba-tiba.

Baca Juga: Inilah Kerajaan Sumedang Larang, Pecahan Kerajaan Sunda-Galuh yang Jadi Bawahan Kesultanan Mataram Islam, Salah Satu Rajanya Pernah Gunakan Keris Naga Sasra untuk Diplomasi Salaman dengan Belanda

 Baca Juga: Amat Besar! Fosil Reptil Terbang Seperti Naga Ini Ditemukan di Australia, ‘Tidak Diciptakan untuk Makan Brokoli!’

Untuk rasa terima kasih dan penghargaan atas perbuatan baiknya, naga besar itu hanya meminta imbalan dalam bentuk biji-bijian yang dipersembahkan kepadanya setiap musim.

Sayangnya, penghormatan kepada Apalala ini terhenti karena kelalaian masyarakat, yang membuatnya sangat marah dan dendam.