Find Us On Social Media :

Blak-blakan Abaikan Sanksi AS, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Jelajah Mereka Sejak 2017, Dengan Mudah Bisa Sasar dan Hancurkan Korea Selatan dan Pangkalan Besar AS Ini

By May N, Minggu, 30 Januari 2022 | 14:26 WIB

(ilustrasi) salah satu rudal Korea Utara

Intisari - Online.com - Korea Utara (Korut) tembakkan apa yang tampaknya rudal balistik dengan jangkauan terjauh sejak 2017 pada hari Minggu.

Aktivitas ini menjadi kunci meningkatkan program senjata Korut dan tanda akan ada tes lebih besar dilaksanakan di sana, menurut Presiden Korea Selatan.

Dikutip dari CNN, baik pemerintah Jepang dan Korea Selatan melaporkan peluncuran Rudal Balistik Jangkauan Menengah (IRBM) dengan pejabat di Tokyo mengatakan rudal itu mencapai ketinggian 2000 kilometer dan jangkauan 800 kilometer sebelum jatuh ke perairan di pantai timur Semenanjung Korea.

"Jika rudal ditembakkan di puncak normal, jangkauannya akan mencapai 3500-5500 kilometer, membuatnya Rudal Balistik Jangkauan Menengah (IRBM) dan tes terlama Korea Utara sejak 2017," ujar Joseph Dempsey, rekan peneliti pertahanan dan analisis militer di Institut Studi Strategis Internasional di London.

Sebuah penilaian AS juga menemukan peluncuran yang menjadi IRBM, kemungkinan KN-17, yang juga dikenal sebagai Hwasong-12, menurut laporan seorang pejabat AS dengan pengetahuan langsung atas isu ini.

Sebuah IRBM juga mampu menyerang wilayah Guam milik AS di Samudra Pasifik.

Peluncuran hari Minggu di Pyongyang merupakan peluncuran rudal balistik keenam di tahun 2022 dan pengujian rudal ketujuh secara keseluruhan.

Rezim Kim Jong Un sedang menyelesaikan pengujian rudal di tahun 2022 dan telah mengatakan akan memperkuat pertahanan mereka melawan AS dan mengevaluasi "memulai kembali semua aktivitas tertunda secara sementara," menurut media pemerintah Korea Utara KCNA.

Baca Juga: Setengah Mati Benci India, China Senjatai Negara Musuh India Ini dengan Rudal DF-17 untuk Lawan India

Baca Juga: Siap Digunakan Untuk Melawan Rusia, Inilah Penampakan Rudal Anti-Tank Kiriman Amerika Buat Ukraina, Apa Kehebatannya ?

Dempsey mengatakan peluncuran hari Minggu ini menunjukkan Korea Utara mungkin melakukan yang mereka inginkan.

"Mengikuti sanksi 2018 dengan moratorium tes nuklir jangka panjang, mereka telah menguji rudal balistik jangka panjang (SRBM) dan jangka menengah (MRBM) yang terbatas," ujar Dempsey.