Find Us On Social Media :

Mengkhawatirkan, Ilmuwan Sebut Bumi Berada di Ambang Kepunahan Massal, Temuan-temuan Ini Jadi Buktinya

By Tatik Ariyani, Senin, 24 Januari 2022 | 15:51 WIB

(ilustrasi) Beruang es dan penguin di daerah Kutub Selatan

Intisari-Online.com - Dalam beberapa dekade terakhir, kepunahan dari banyak spesies di bumi telah terjadi pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Hal itu tak lepas dari keterlibatan manusia dan perubahan iklim karena menciptakan habitat yang tidak cocok untuk banyak spesies satwa liar.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah temuan studi besar oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List of Threatened Species dan BirdLife International yang menemukan bahwa bumi mungkin berada di ambang peristiwa kepunahan massal, melansir en.as.com, Rabu (19/1/2022).

Di seluruh dunia diperkirakan bahwa lebih dari 500 spesies hewan darat hampir punah dan bahkan bisa hilang dalam 20 tahun ke depan.

Laporan tersebut diterbitkan dalam jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences, dan mempelajari 29.000 spesies vertebrata darat.

Mereka memperkirakan bahwa jumlah kepunahan yang diperkirakan dalam dua dekade mendatang kemungkinan akan memakan waktu ribuan tahun jika bukan karena dampak negatif dari perilaku manusia.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa 99% dari semua organisme hidup yang pernah hidup di bumi sekarang telah punah.

Ekosistem alami planet ini terus berkembang dan seiring perubahan lingkungan, spesies tertentu yang lebih tua akan mulai menghilang.

Baca Juga: Bertahan Sekitar 8.000 Tahun, DNA Mammoth dan Kuda yang Tersisa di Tanah Beku dan Dibekukan dalam Freezer, Bikin Para Ilmuwan Tulis Ulang Kepunahan Makhluk itu di Zaman Es, Benarkah Lebih Lambat?

Baca Juga: Sarangnya Dihancurkan dalam Video Viral 'Salam dari Majalengka', Siapa Sangka Lebah Bisa Jadi Penentu Kepunahan Manusia, Sang Genius Einstein Mengungkapnya

Namun ada beberapa titik dalam sejarah bumi ketika evolusi bertahap menjadi lebih dari revolusi mendadak dan mayoritas spesies hidup di planet ini musnah dalam waktu yang relatif singkat.

Dalam 500 juta tahun terakhir, ada lima kejadian dimana 75-90% dari semua spesies punah, yang disebut kepunahan massal.