Find Us On Social Media :

Kisah Kerajaan Sriwijaya Bikin Geram Kerajaan India Sampai Menyebabkan Peperangan, Penyebabnya Cuma Perkara Hubungan Sriwijaya dan China Ini

By Afif Khoirul M, Kamis, 20 Januari 2022 | 08:10 WIB

Bukti kerajaan Sriwijaya pernah ada.

Intisari-online.com - Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan penting, di Asia Tenggara dan pernah menjadi pusat perdagangan di Asia.

Kerajaan ini menjadi salah satu kerajaan terbesar sebelum era Majapahit di Indonesia kuno.

Banyak kisah tentang kerajaan ini termasuk ketika Sriwijaya memantik kemarahan kerajaan asal India hingga menyebabkan peperangan.

Bermula dari kisah Dinasti Chola yang memerintah India Selatan untuk waktu yang lama.

Terlibat dalam ekspedisi angkatan laut pada akhir abad ke-10 dan awal abad ke-11 di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Sementara agama Hindu dan Buddha menyebar di Asia Tenggara jauh lebih awal, Chola datang untuk fokus pada kegiatan perdagangan dan maritim.

Mengutip Freemalaysiantoday, hanya masalah waktu sebelum ekspedisi militer dan angkatan laut Chola mencapai wilayah itu.

Dinasti Chola secara militer meluas ke arah Sungai Gangga, ia menaklukkan Sri Lanka, yang dianggap sebagai bagian dari India Selatan dengan mengirimkan angkatan laut mereka.

Baca Juga: Rudal Brahmos Tak Ada 'Ajinya' Lawan Rudal-rudal China Ini, Inilah Senjata China yang Siap Diluncurkan Guna Serang Filipina yang Sudah Ajak Gelut China Duluan di Laut China Selatan!

Baca Juga: Inilah Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya yang Masih Ada, Apa Saja?

Sebelum Chola, tidak ada ekspedisi militer atau angkatan laut di Asia Tenggara, yang ada hanya budaya dan agama.

Tidak seperti di India di Sri Lanka yang melakukan upaya ekspansionisme, Chola di bawah Raja Rajendra tidak terlalu tertarik untuk melakukan hal yang sama ketika datang ke Kepulauan Melayu.