Find Us On Social Media :

Pantas Filipina Beli Rudal Brahmos dari India, Rupanya Rudal Ini Bikin Takut Militer China Karena Miliki Kemampuan Ini

By Tatik Ariyani, Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:50 WIB

Rudal BrahMos

Intisari-Online.comFilipina setuju membeli sistem rudal anti-kapal dari India, yang akan menopang sistem keamanannya dalam menghadapi peningkatan agresi China di Laut China Selatan.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana memberikan sedikit rincian tentang kontrak senilai hampir 375 juta dollar AS (Rp 5,3 triliun) yang diberikan kepada BrahMos Aerospace untuk, memasok sistem rudal anti-kapal berbasis pantai ke Angkatan Laut Filipina.

BrahMos - perusahaan patungan antara India dan Rusia - telah mengembangkan rudal jelajah yang menurut kementerian pertahanan India adalah yang tercepat di dunia.

Filipina akan menjadi negara pertama yang membelinya.

Kesepakatan itu mencakup pelatihan untuk operator dan pengelola serta dukungan logistik, kata Lorenzana di Facebook di mana ia mengunggah salinan "Pemberitahuan Penghargaan".

Melansir The National Interest (8 Januari 2021), rudal jelajah BrahMos bersifat siluman, cepat, dan sangat sulit untuk ditembak jatuh.

BrahMos (dari Brahmaputra dan Moskow) dimulai pada 1990-an sebagai proyek bersama antara Rusia dan India untuk mengembangkan versi India dari rudal jelajah P-800 Oniks.

BrahMos sebenarnya sedikit lebih cepat pada Mach 2.8 daripada P-800.

Baca Juga: Sama-sama Disanki AS, Hubungan Iran dan China Makin Erat dengan Perjanjian 25 Tahun yang Telah Memasuki Tahap Implementasi

Baca Juga: China Makin Terpojok dan Tak Bisa Mengelak Lagi, AS Layangkan Surat Protes Ini Langsung Ke China Sembari Luncurkan Serangan untuk Kepung China di Perairan Sengketa Itu

Beratnya juga dua kali lipat dari Tomahawk, dengan berat enam ribu pon.

Meskipun memiliki hulu ledak yang lebih kecil, efek dampaknya sangat menghancurkan.