Find Us On Social Media :

Sampai Kudu 'Belok' ke Indonesia Dulu Hanya Demi Temui Keluarga, Inilah Nasib Orang yang Membelot ke Korea Utara, Warga Korsel yang Lagi Viral Ini Pasti Nyesel

By Tatik Ariyani, Minggu, 2 Januari 2022 | 16:44 WIB

Charles Jenkins, personel militer AS yang membelot ke Korea Utara pada Januari 1965.

Intisari-Online.com - Banyak warga Korea Utara ingin keluar dari negara otoriter itu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak meskipun nyawa menjadi taruhannya.

Cerita mengenai pembelot Korea Utara (Korut) yang menuju Korea Selatan (Korsel) barangkali sudah umum.

Namun, kejadian langka ketika warga Korea Selatan justru menyeberang ke Korea Utara pastilah membuat banyak orang terheran-heran.

Seorang warga Korea Selatan dilaporkan melintasi perbatasan yang dijaga ketat dan menyeberang ke Korea Utara. Insiden tersebut merupakan pembelotan yang jarang terjadi.

Baca Juga: Pria Ini 'Ketiban' Sial hingga Ditangkap 5 Kali dalam 3 Hari Lantaran Hal Ini, Ternyata Ada Iming-iming Rp 1,5 Miliar di Baliknya

Militer Korea Selatan melaporkan pada Minggu (2/1/2022) bahwa warga Korea Selatan yang membelot itu menyeberang ke Korea Utara lewat Zona Demiliterisasi (DMZ) yang dijaga sangat ketat.

Menurut Reuters, Kepala Staf Gabungan (JCS) mengatakan pihaknya telah melakukan operasi pencarian sebagaimana.

JCS mengatakan, “Kami telah mengkonfirmasi bahwa orang tersebut melintasi perbatasan Garis Demarkasi Militer sekitar pukul 22.40 dan membelot ke Utara.”

JCS tidak dapat memastikan apakah orang itu masih hidup.

Baca Juga: Tanpa Pandemi Virus Corona Sekalipun, Warga Korea Utara Memang Sulit Keluar dari Bencana Kelaparan, Pembelot Ini Bongkar Kondisi Mengejutkan Pertanian di Korea Utara