Find Us On Social Media :

Lampaui Nalar Manusia dan Seluruh Alam Semesta, Inilah Nasib Gajah Mada yang Masih Banyak Diperdebatkan, Benarkah Meninggal Atau Justru Moksa Ke Kahyangan?

By May N, Sabtu, 1 Januari 2022 | 09:46 WIB

ilustrasi. Mahapatih kerajaan Majapahit, Gajah Mada, namanya besar di Asia Tenggara, namun kenapa tidak dikenal di Jawa Barat?

Intisari - Online.com - Nasib Patih Gajah Mada, patih Kerajaan Majapahit yang membuat Raja Hayam Wuruk tidak bisa menikah dengan Dyah Pitaloka dari Kerajaan Sunda masih simpang siur.

Gajah Mada yang mengambil sumpah Palapa ini tidak diketahui nasib akhirnya.

Kitab Negarakertagama menyebut setelah Hayam Wuruk kembali dari upacara keagamaan di Simping, ia menjumpai Gajah Mada sudah sakit.

Gajah Mada disebutkan meninggal dunia pada 1286 Saka atau 1364 Masehi karena sakit.

Baca Juga: Peta Kuno Pulau Jawa Terbongkar, Tunjukkan Pulau Jawa Tebelah Menjadi Dua Bagian, Menunjukkan Kerajaan Sunda dan Majapahit yang Tidak Bersatu Karena Hal Ini

Setelah itu walaupun diadakan sidang Dewan Sapta Prabu oleh Hayam Wuruk untuk mencari pengganti Gajah Mada, tidak ditemukan pengganti untuk posisi Patih Gajah Mada.

Diceritakan Hayam Wuruk kemudian memilih empat Mahamantri Agung di bawah pimpinan Punala Tanding.

Mereka kemudian membantunya menyelenggarakan segala urusan negara.

Namun kemudian mereka digantikan dua orang menteri, yaitu Gajah Enggon dan Gajah Manguri.

Baca Juga: Pantas Saja Jadi Kerajaan Terkuat yang Pernah Ada, Ternyata Segini Banyak Kapal Perang Buatan Majapahit, Lebih Banyak dari Jumlah Kapal Angkatan Laut Indonesia Sekarang!