Find Us On Social Media :

Bukan dengan Senjata Tradisional Seperti Pusaka Keris dan Tombak, Rupanya Senjata Inilah yang Jadi Andalan Majapahit, Saking Ngerinya Belanda sampai Bertekad Memusnahkannya

By Khaerunisa, Kamis, 30 Desember 2021 | 19:50 WIB

Ilustrasi. Gajah Mada, Mahapahit Majapahit.

Intisari-Online.com - Keris dan tombak mungkin terkenal sebagai senjata tradisional khas Nusantara yang digunakan orang-orang zaman dahulu.

Pada saat mengucapkan Sumpah Palapa yang sangat terkenal itu, konon Patih Gajah Mada pun menggunakan pusaka berupa senjata tradisional berwujud keris.

Dapat kita lihat pula banyak patung Gajah Mada yang dilukiskan dengan menggenggam sebilah keris.

Misalnya, patung raksasa yang berada di Taman Bung Karno di Tabanan Bali atau pada Relief Sejarah Nusantara di Monumen Nasional Jakarta.

Baca Juga: Jadi Saksi Keberanian Kerajaan yang Pernah Tantang Kerajaan Sekelas Majapahit, Konon Inilah Lokasi Perang Bubat di Mana Kerajaan Sunda Berani Melawan Majapahit

Selain itu, ada sebuah keris yang sangat melegenda dan berkaitan dengan kisah berdirinya kerajaan Singasari, yang mana trahnya berlanjut sampai kerajaan Majapahit.

Ya, itu adalah keris Empu Gandring, keris yang terkenal menyimpan kutukan memakan korban dari kalangan elit Singasari termasuk pendiri dan pemakainya sendiri, ken Arok.

Meski keris maupun tombak terkenal menjadi pusaka dan senjata orang-orang zaman dulu, rupanya ada sebuah senjata lain yang membuat Bangsa Eropa bergidik ngeri menghadapi Majapahit.

Ini merupakan senjata rancangan Mahapatih Majapahit, Gajah Mada.