Find Us On Social Media :

Beginilah Festival Lembah yang Indah di Mesir Kuno, Festival Negara yang Didedikasikan untuk Orang Mati, Hubungkan Dunia Orang Hidup dengan Orang Mati

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 29 Desember 2021 | 14:30 WIB

Festival Lembah yang Indah, festival yang didedikasikan untuk orang mati.

Intisari-Online.comFestival Lembah yang Indah merupakan salah satu festival yang paling populer dan penting di Mesir Kuno.

Festival ini dirayakan setiap tahun di Thebes sejak dimulai oleh Mentuhotep II dari Dinasti ke-11 Kerajaan Tengah hingga zaman Romawi.

Festival Lembah yang Indah merupakan festival negara, karena firaun dan keluarganya berpartisipasi dan merupakan pesta pemakaman, yang didedikasikan untuk orang mati.

Festival ini diadakan di Bulan Baru Bulan Kedua, yang merupakan musim panas, shemu, dan bulan ke-10 dalam kalender 12.

Baca Juga: Begini Rupanya Wajah di Balik Perban Mumi Mesir Kuno Berumur 2.797 Tahun, Ilmuwan Berhasil Ungkap Wajah Mereka dari Hasil Rekonstruksi yang Menakjubkan, Seperti Apa Mereka?

 

Raja Mesir sendiri bertanggung jawab atas ritual sebagai perantara antara yang hidup dan yang mati.

Festival Lembah yang Indah berubah selama bertahun-tahun.

Pada awalnya, prosesi diadakan hanya antara kuil Karnak dan Deir el-Bahari, tetapi kemudian rute menjadi lebih luas, mengunjungi pekuburan lain, dan kuil pemakaman seperti Ramesseum.

Perahu suci Amun-Ra, istrinya Mut, dan putra mereka Khonsu meninggalkan kuil Karnak untuk mengunjungi kuil pemakaman raja yang meninggal di tepi barat Sungai Nil dan kuil mereka di Theban Necropolis.

Baca Juga: ‘Cintailah Istrimu dan Buat Dia Bahagia Selama Kamu Hidup’, Bila Demikian Mungkinkah Terjadi Perceraian di Mesir Kuno? Inilah Sejarah Cinta dan Pernikahan yang Berakar dari Tradisi dan Kebiasaan